Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Lagi, Bupati Zukri Mutasi 209 Pejabat Pemkab Pelalawan

Sebanyak 209 pejabat struktural maupun fungsional termasuk Kepala Sekolah (Kepsek), dan Kepala Puskesmas (Kapus). Pengukuhan dilakukan oleh Sekretaris

Penulis: johanes | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan Riau kembali menggelar mutasi pejabat di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Senin (21/3/2022) sore di gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangakalan Kerinci.

Pada pelantikan pejabat ini merupakan kelima kali selama kepemimpinan Zukri-Nasarudin sebagai kepala daerah.

Sebanyak 209 pejabat struktural maupun fungsional termasuk Kepala Sekolah (Kepsek), dan Kepala Puskesmas (Kapus). Pengukuhan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pelalawan, Tengku Mukhlis mewakili Bupati Pelalawan H Zukri.

Pengambilan sumpah dan janji jabatan ini hampir luput dari pantauan juru warta di Pelalawan. Jika sebelumnya isu pelantikan beredar beberapa hari sebelum hari pelaksanaan, namun kali ini baru diketahui setelah persiapan dilakukan satu jam sebelum pelantikan.

Pantauan tribunpekanbaru.com di gedung daerah, duaratusan pejabat yang dilantik menggunakan pakaian formal memenuhi tempat duduk. Kemudian diminta untuk berdiri dan berbaris mengikuti pelantikan serta pengucapan sumpah serta janji jabatan oleh Sekdakab Tengku Mukhlis dan dipandu pemuka agama.

Sama seperti mutasi sebelumnya, akibat mutasi kali ini banyak pejabat yang tergeser posisinya dan bahkan berpindah ke tempat yang lebih jauh. Kemudian jabatan yang selama ini masih kosong pada eselon lll dan lV maupun fungsional juga diisi oleh pejabat defenitif. Setelah selesai mereka kembali ke tempat duduknya.

Dalam sambutannya Sekdakab Tengku Mukhlis menyampaikan jika ada beberapa poin yang dititipkan untuk disampaikan kepada para pejabat yang dilantik. Ia menyampaikan, jika pelantikan atau mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dilakukan untuk penyegaran organisasi di Pemkab Pelalawan.

"Sebenarnya bagi kami, tugas yang paling berat yakni melantik pejabat, karena pasti ada orang yang merasa kecewa. Tapi ini merupakan hal yang biasa," kata Tengku Mukhlis di atas podium, Senin (21/3/2022).

Kedepan, kata Tengku Mukhlis, mutasi jabatan akan menjadi hal yang biasa untuk kebutuhan organisasi. Sebab Pemda merupakan tim besar yang dipimpin oleh Bupati Zukri dan para pejabat sebagai anggota dalam tim untuk mencapai Pelalawan Maju tahun 2026 mendatang.

Saat ini Pemda sedang melakukan lelang jabatan untuk eselon ll yang sedang kosong. Pastinya akan ada pelantikan pejabat lagi jika proses lelang jabatan tinggi pratama itu sudah tuntas. Sedangkan untuk mengisi kekosongan akibat pelantikan eselon ll akan kembali mutasi lagi.

"Jadi jangan heran akan bakal ada lagi pelantikan-pelantikan selanjutnya," beber Tengku Mukhlis.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pelalawan, Darlis menyebutkan, total pejabat yang dilantik mencapai 209 orang. Di samping melakukan mutasi pejabat, ada juga mengisi kekosongan jabatan yang terjadi akibat pelantikan sebelumnya.

"Yang dilantik mulai dari pejabat administrator sampai fungsional termasuk Kepsek hingga Kapus," tandas Darlis.

Sekretaris BKPSDM Pelalawan ini merincikan, pejabat yang dilantik diantaranya pejabat administrator atau eselon lll sebanyak 5 orang, pejabat pengawas atau eselon lV 58 orang, dan pejabat fungsional 21 orang. Kemudian sebanyak 115 Kepsek yaitu 1 orang Kepsek Taman Kanak-kanak (TK), 86 Kepsek Sekolah Dasar (SD), dan 28 Kepsek Sekolah Menengah Pertama (SMP). Terakhir Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebanyak 10 orang. ( Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved