Breaking News:

Riau Dikepung Karhutla

Puluhan Hektare Mulai Terbakar Akibat Karhutla, Dewan Riau Berharap Ini

Ketua Komisi IV DPRD Riau Parisman Ihwan melihat dengan kondisi ini Satgas Karhutla Provinsi Riau harus meningkatkan kewaspadaan sebagai antisipasi

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru / Nasuha Nasution
Anggota DPRD Riau Parisman Ihwan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Musim kering sudah melanda Riau sejak beberapa hari terakhir, tidak hanya itu suhu udara juga sudah mulai meningkat seiring dengan makin banyaknya muncul titik panas di Riau dan umumnya di Pulau Sumatera.

Sebelumnya memang Pemerintah Provinsi Riau sudah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hingga 30 November 2022.

Menanggapi ini, Ketua Komisi IV DPRD Riau Parisman Ihwan melihat dengan kondisi saat ini Satgas Karhutla Provinsi Riau harus meningkatkan kewaspadaan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Riau.

"Musim kering dan suhu udara yang meningkat ini harus diwaspadai dengan serius, jangan sampai terjadi kebakaran hebat, apalagi pada saat Ramadhan mendatang,"ujar Parisman Ihwan.

Menurut Parisman Ihwan, langkah yang dilakukan Pemprov Riau tersebut sudah sangat tepat mempercepat penetapan status siaga darurat karhutla, sehingga ada upaya cepat mengantisipasi kebakaran.

"Kita harus apresiasi langkah cepat pak Gubernur dan Satgas Karhutla, semoga tidak ada kebakaran hutan dan lahan tahun ini,"ujar Parisman.

Ia juga berharap keseriusan perusahaan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di daerah operasi mereka masing-masing.

"Masyarakat kita yang punya lahan juga harus ikut mengawasi, menjaga wilayah, karena kerja antisipasi kebakaran ini adalah kerja bersama, bukan hanya satgas namun semua harus terlibat,"jelas Parisman Ihwan.

Sebagaimana diketahui saat ini kebakaran hutan dan lahan sudah terjadi dibeberapa wilayah di Riau, seperti di Kabupaten Rokan Hulu, Kampar dan beberapa Kabupaten lainnya di Riau.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved