Breaking News:

Karhutla di Riau

Sumber Air Sulit, Kapolsek Rambah Samo Minta Dukungan Water Bombing Atasi Karhutla di Rohul

Kapolsek Rambah Samo Iptu Jon Heri mengatakan, Tim Gabungan TNI, Polri dan BPBD Rokan Hulu sangat kesulitan dalam melakukan pemadaman di lapangan.

Penulis: Syahrul | Editor: Sesri
Istimewa
Tim Gabungan TNI, Polri dan BPBD Rokan Hulu tengah melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di kawasan Rambah Samo. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Kontur perbukitan di Kawasan Rambah Samo yang terbakar seluas 70 hektar menjadi kendala dalam proses pemadaman.

Ditambah sulitnya sumber air, proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang berlangsung sejak Minggu (27/3) menjadi sangat sulit.

Kapolsek Rambah Samo Iptu Jon Heri mengatakan, Tim Gabungan TNI, Polri dan BPBD Rokan Hulu sangat kesulitan dalam melakukan pemadaman di lapangan.

"Selain persoalan kontur daerah tang berbukit dan kesulitan sumber air, perlengkapan pendukung kita dalam melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di lapangan juga menjadi kendala," jelasnya.

Maklum, proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kawasan Rambah Samo dilakukan oleh Tim Gabungan TNI, Polri dan BPBD Rokan Hulu masih secara manual.

Untuk itu, Jon Heri berharap, agar dilakukan upaya pemadaman dari udara dengan menggunakan water bombing untuk memaksimalkan proses pemadaman secara manual.

"Karena lokasi kebakaran hutan dan lahan adalah daerah perbukitan dan sumber air di lapangan juga tak ada, maka kami sangat mengharapkan suplai pemadaman dari udara," jelasnya.

Baca juga: Karhutla di Riau, 70 Hektare Lahan di Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu Terbakar

Baca juga: BREAKING NEWS: Sehari 6 Titik Karhutla di Kampar Riau, Salo Mencapai 30 Ha

"Bantuan pemadaman menggunakan water bombing tentu akan memberikan efisiensi bagi tim yang bekerja melakukan pemadaman api di daratan," tandasnya.

70 Hektar Lahan di Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu Terbakar

Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Serka Mendrayani mengatakan kebakaran terjadi di Dusun Danau Sati Desa Rambah Samo Barat, Rambah Kabupaten Rokan Hulu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved