Breaking News:

Berita Riau

Minyak Kemasan Tak Laku di Pasar, Emak-emak Hijrah Ramai-ramai ke Minyak Curah

Minyak curah mulai jadi favorit emak-emak setelah harga minyak goreng kemasan harganya melangit

Penulis: Alex | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/DODI VLADIMIR
Ilustrasi minyak goreng curah. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sempat beberapa lama tak muncul di pasar setelah pemerintah mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET), minyak kemasan kini sudah mulai banyak lagi muncul.

Namun demikian, masyarakat sudah tidak ambil pusing lagi, karena harganya mahal, dan juga karena sudah terbiasa dengan minyak curah.

Seorang pedagang di Pasar Pagi Arengka Pekanbaru, Af mengatakan, minyak curah memang sudah mulai masuk lagi saat ini, dan jumlahnya juga cukup banyak, dan tidak ada pembatasan pembelian bagi para pembeli.

Namun demikian, minyak kemasan tersebut dikatakannya tidak begitu laku lagi, apalagi kisaran penjualannya hingga saat ini masih Rp 48.000 hingga Rp 52.000 untuk kemasan 2 liter.

"Minyak goreng kemasan kini sudah ada, tidak ada dibatasi pembeliannya. Tapi tidak begitu dilirik, karena saat ini orang lebih banyak mencari minyak curah dengan harga yang relatif murah," kata Af kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (30/3/2022).

Sementara itu, harga minyak curah juga tidak banyak pedagang yang bisa menjual dengan harga sesuai HET, karena mereka mendapatkan modal diatas HET.

"Kami saja mendapatkan harga modal Rp 19.000 per kilogramnya, harga jualnya tentu diatas itu kita bisa menjualnya," tambah Af.

Sementara itu, penjualan sembako di toko Rumah Pangan Kita (RPK) Al Fath Jalan Cipta Karya Pekanbaru minyak goreng curah dijual dengan harga yang sesuai HET yakni Rp 14.000 perliter atau Rp 15.500 per kilogramnya.

Namun untuk menghindari pembelian borongan dari oknum tertentu, dikatakan owner RPK Al Fath, Auda Izzuddin Nidal diberlakukan pembelian dengan menggunakan KTP, sehingga 1 pembeli dibatasi untuk 2 liter minyak goreng curah.

"Kita batasi pembelian dengan cara menggunakan KTP, itu arahan dari agennya, sehingga semuanya bisa kebagian," ujarnya.

( Tribunpekanbaru.com / Alexander )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved