Breaking News:

Kerjasama Djp Pemda

Tingkatkan Pendapatan Pajak di Daerah, Kanwil DJP Riau Bahas Perjanjian Tripartit dengan Pemkab Inhu

Kantor DJP menggelar pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Inhu, dalam pertemuan itu dibahas tentang upaya meningkatkan pendapatkan pajak di daerah

Editor: Rinal Maradjo
istimewa
Kanwil DJP Riau menggelar pertemuan dengan Pemkab Inhu. Dalam pertemuan itu dibahas upaya peningkatan pajak daerah 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Dalam rangka optimalisasi pemungutan pajak pusat dan pajak daerah, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak menggelar Preliminary Meeting bersama dengan Pemerintah Daerah Indragiri Hulu (Inhu) di aula Lantai 3 KPP Pratama Rengat JI. Bupati Tulus No 9 Rengat, Jumat (1/4/2022).

Dalam pertemuan itu dibahas tentang Perjanjian Tripartit antara Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan dan Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hulu yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Hj. Erlina Wahyuningsih beserta perwakilan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Turut hadir Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Riau Aspriliantomiardiwidodo, Kepala KPP Pratama Rengat Tulus Hadi Utomo, serta beberapa Pejabat Pengawas di lingkungan KPP Pratama Rengat.

Dalam kesempatan ini Kepala KPP Pratama Rengat Tulus Hadi Utomo menyampaikan tujuan PKS ini ada 3 yaitu bagaimana kita bisa meningkatkan penerimaan dengan mengoptimalkan pemungutan pajak daerah dan pajak pusat,

Lalu meningkatkan sumber data dengan melakukan pertukaran informasi dan data serta meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Maksud diadakannya PKS ini adalah untuk meningkatkan pertukaran dan pemanfaatan data antara DJP dalam hal ini KPP Pratama Rengat dan Pemda Inhu, melakukan pengawasan bersama, optimalisasi pelayanan publik serta memberikan dukungan kapasitas bagi masing-masing pihak.

Sementara itu Kepala Bapenda Kab. Inhu yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Perbendaharaan menyambut baik rencana Perjanjian Kerja Sama ini.

Dia menyampaikan pada tahun 2019 Pemda Inhu sudah pernah melakukan PKS dengan Kanwil DJP Riau, tetapi dalam pelaksanaannya tidak sesuai harapan.

Hal tersebut disebabkan karena perjanjian tersebutbelum mengatur hak dan kewajiban masing-masing pihak.

PKS tahun 2022 ini sesuai dengan yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya sudah mengatur hal tersebut.

Acara ditutup dengan penyerahan Plakat dari Kepala KPP Pratama Rengat ke Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu yang diterima oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Hj. Erlina Wahyuningsih dan juga dari Pemda ke KPP Pratama Rengat. (RILIS)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved