Breaking News:

Video Berita

VIDEO: 2 Hektar Lahan Terbakar di Kerinci Barat Berhasil Dipadamkan Petugas

"Lahan yang terbakar kurang lebih mencapai 2 hektar luasnya. Langsung kita padamkan bersama-sama hingga tuntas," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran

Penulis: johanes | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali muncul di Kelurahan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau pada Jumat (1/4/2022) sore lalu.

Api membakar lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar hingga merambat ke lahan lainnya. Karhutla pertama kali dilihat oleh masyarakat yang kemudian dilaporkan kepada pemerintah setempat hingga tim gabungan Pemadam Kebakaran (Damkar) turun ke lokasi. Tempat Kejadian Perkara (TKP) tepat berada di belakang Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Pangkalan Kerinci.

"Lahan yang terbakar kurang lebih mencapai 2 hektar luasnya. Langsung kita padamkan bersama-sama hingga tuntas," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP dan Damkar Pelalawan, Syafrizal, kepada tribunpekanbaru.com, Sabtu (2/4/2022).

Syafrizal menjelaskan, proses pemadaman melihatkan belasan personil gabungan dari Damkar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Polri, serta unsur instansi lainnya. Petugas gabungan menggunakan satu unit mobil Damkar dan 2 unit mesin mini streak, serta beberapa selang air dalam memadamkan api yang muncul dan semakin menyebar.

Tim langsung menyirami titik api dan melokalisir lahan yang terus meluas. Setelah satu jam lebih berjibaku dengan api dan asap, kebakaran dapat dikendalikan serta api berhasil dipadamkan. Personil melanjutkan pendinginan untuk memastikan tidak ada lagi sisa bara api dan asap yang muncul.

"Hampir menyebar ke kebun sawit milik warga. Sudah sempat ada sawit 3 batang yang terbakar," tambahnya.

Setelah memastikan api tidak ada lagi dan asap sudah menghilang, semua personil gabungan kembali dan meninggalkan lokasi kebakaran.

( Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved