Breaking News:

Apa Itu Pendarahan Otak? Kenali Penyebab dan Potensi Pendarahan Otak yang Bisa Menyebabkan Kematian

Waspadai Pendarahan otak jenis stroke yang bisa menyebabkan kematian, kenali tanda-tandanya pada tubuh.

Editor: Ilham Yafiz
pexels @Kat Smith
Ilustrasi pendarahan otak, sakit yang menyebabkan stroke hingga bahkan kematian. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Waspadai Pendarahan otak yang merupakan jenis stroke yang bisa menyebabkan kematian, kenali tanda-tandanya pada tubuh.

Umumnya pasien pendarahan otak berada dalam keadaan darurat medis, dan memerlukan intervensi cepat untuk dapat meningkatkan peluang bertahan hidupnya.

Dokter Spesialis Bedah Saraf Primaya Hospital Pasar Kemis, dr Subrady Leo Soetjipto Soepodo Sp.BS mengatakan, meskipun berisiko tinggi menyebabkan kematian, pendarahan otak sebenarnya tidak terjadi secara tiba-tiba, kecuali pada seseorang yang mengalami kecelakaan.

Leo menjelaskan, pendarahan otak seringkali terjadi tanpa disadari. Biasanya ada banyak hal yang kerap kali diabaikan tetapi berpotensi memicu terjadinya pendarahan otak.

Tanda-tanda pendarahan otak atau gejala stroke, tergantung pada tingkat keparahan stroke. Sebab, gejalanya mungkin tidak terlihat jelas atau tidak parah.

Berikut beberapa hal yang sering diabaikan dan berpotensi mengarah pada pendarahan otak:

1. Kebas di beberapa bagian tubuh Sakit kepala atau kebas di beberapa bagian tubuh seperti kebas pada kaki, tangan, atau wajah merupakan gejala dasar yang bisa terjadi dan sering diabaikan oleh banyak orang.

Kebas ini juga seringkali dirasakan seolah mati rasa atau terkulai di satu sisi. Misal satu lengan mati rasa atau lebih lemah dari yang lain, begitupun pada bagian kaki atau wajah.

2. Sakit kepala berulang Selain kebas, sakit kepala berulang juga merupakan gejala atau keluhan yang berpotensi merupakan bagian dari terjadinya pendarahan otak.

"Sakit kepala berulang menjadi salah satu indikasi terjadinya penyumbatan pembuluh darah sekitar 80 persen atau adanya kemungkinan sebagian pembuluh darah pecah sekitar 20 persen," jelasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved