Breaking News:

Lapor Pak Jokowi, Utang Luar Negeri Semakin Bertambah Per Februari 2022, 416,3 Miliar Dolar AS

Utang Indonesia bertambah banyak, Utang Luar Negeri (ULN) pada Februari 2022 alami peningkatan.

Editor: Ilham Yafiz
Grafis Tribun/Didik Ahmadi
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Utang Indonesia bertambah banyak, Utang Luar Negeri (ULN) pada Februari 2022 alami peningkatan.

Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi ULN Indonesia pada akhir Februari 2022 sebesar 416,3 miliar dolar AS atau Rp 5.974 triliun (Kurs Rp 14.352/dolar AS), atau naik dari posisi ULN bulan sebelumnya yang sebesar 413,6 miliar dolar AS atau Rp 5.936 Triliun.

Dengan posisi tersebut, ULN Februari 2022, mengalami kontraksi sebesar 1,5% year on year (yoy), melanjutkan kontraksi pada bulan sebelumnya yang sebesar 1,6% (yoy).

“Perkembangan posisi ULN tersebut disebabkan oleh kontraksi ULN sektor publik (Pemerintah dan Bank Sentral) dan sektor swasta,” tutur Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangan resminya, Kamis (14/4/2022).

Meski begitu, Ia mengatakan struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

ULN Indonesia pada bulan Februari 2022 tetap terkendali, tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang relatif stabil di kisaran 34,2%, sedikit meningkat dibandingkan rasio pada bulan sebelumnya yang sebesar 34,0%.

Selain itu, struktur ULN Indonesia tetap sehat, ditunjukkan oleh ULN Indonesia yang tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang, dengan pangsa mencapai 87,8% dari total ULN.

Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Dia mengatakan, Bank Indonesia dan Pemerintah akan terus memperkuat koordinasi dalam pemantauan perkembangan ULN, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

“Peran ULN juga akan terus dioptimalkan dalam menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian,” imbuhnya

( Tribunpekanbaru.com )

SUMBER: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/04/14/utang-luar-negeri-indonesia-jadi-4163-miliar-dolar-as-pada-februari-2022.

Editor: Hendra Gunawan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved