Breaking News:

Techno

Waspada Ini 10 Smartphone dengan Radiasi Tinggi, Bisa Picu Masalah Kesehatan

Daftar smartphone dengan radiasi tinggi ini diisi oleh sejumlah merek kenamaan. Smartphone Google adalah yang paling banyak masuk daftar ini.

Editor: CandraDani
cbc.ca
ilustrasi smartphone 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Meski beragam penelitian menyebut bahwa perangkat telekomunikasi, termasuk smartphone, memancarkan radiasi, namun, belum ada yang membuktikan bahwa ada dampak serius, bahkan dalam jangka panjang.

Tapi, bukan berarti radiasi ponsel tidak berdampak bagi kesehatan manusia, mengingat frekuensi penggunaannya yang tinggi.

Beberapa waktu lalu, situs BanklessTimes melakukan penelitian untuk melihat deretan ponsel yang memiliki radiasi tinggi.

Ada 10 ponsel yang dimasukkan ke daftar ponsel yang memancarkan radiasi tertinggi.

Daftar ponsel tersebut berisi merek seperti Google, Sony, OPPO, ZTE, OnePlus, dan Motorola.

Penelitian tersebut dilakukan dengan menghitung nilai tingkat gelombang medan elektromagnetik (Radiofrequency Electromagnetic Fields/RF-EMF) yang terserap ke dalam tubuh manusia.

Jumlah RF-EMF yang terserap ke dalam badan manusia disebut rasio penyerapan spesifik (specific absorbtion ratio/SAR). Nilai dari SAR dihitung dengan satuan Watt per Kilogram (W/Kg).

Aturan yang menetapkan nilai aman untuk SAR berbeda-beda.

Misalnya, di Amerika Serikat, nilai aman SAR yang ditetapkan oleh Komisi Federal Komunikasi berada di angka 1,6 W/Kg.

Sementara menurut pedoman dari Komisi Internasional tentang Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP), batas aman angka SAR untuk perangkat seluler adalah maksimum 2 W/kg.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved