Breaking News:

Advertorial

Jadi Pusat Ekonomi dan Pendidikan, Masjid Paripurna Kota Pekanbaru Semakin Mandiri

Masjid Paripurna Agung Al Firdaus Bandar Raya Tenayan akhirnya berfungsi sejak Januari 2022 lalu

Editor: Sesri
Istimewa
Masjid Paripurna Agung Al Firdaus Bandar Raya Tenayan akhirnya berfungsi sejak Januari 2022 lalu 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Masjid Paripurna Agung Al Firdaus Bandar Raya Tenayan akhirnya berfungsi sejak Januari 2022 lalu. Shalat jumat perdana menandai berfungsinya masjid paripurna di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru di Tenayan Raya.

Ribuan jemaah mengikuti shalat jumat untuk pertama kalinya di masjid paripurna itu. Wali Kota Pekanbaru, Firdaus bersyukur shalat jumat perdana di masjid itu berjalan lancar. Setiap harinya para pegawai dan masyarakat sudah bisa memanfaatkan masjid itu untuk shalat berjamaah.

Keberadaan masjid ini menambah masjid paripurna agung di Kota Pekanbaru. Masjid tersebut nantinya menjadi bagian Islamic Centre. Keberadaan masjid paripurna agung ini tidak hanya untuk beribadah.

Masjid tersebut juga menjadi lokasi pengembangan pendidikan agama bagi generasi muda. Ada juga nanti berdiri lembaga pendidikan dari PAUD hingga SMP, jadi ada pendidikan Islam terpadu di kawasan Islamic Centre nantinya.

Masjid tersebut punya ukuran yang sangat besar sehingga bisa menampung jamaah hingga sepuluh ribu orang. Ia menyebut bahwa islamic Centre nantinya juga bisa menjadi pusat ekonomi.

Firdaus mengatakan bahwa masjid paripurna ini juga menjadi penggerak ekonomi produktif untuk menggeliatkan UMKM dan industri rumah tangga dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

Dirinya pun mendorong pengelolaan masjid paripurna lebih mandiri. Ada di antara masjid paripurna sudah semakin mandiri.

Kawasan Islamic Centre di Tenayan Raya juga menjadi lokasi pengembangan ilmu Quran.Ada kelompok tahfizh yang tergabung dalam Quran Centre. Keberadaan Quran Centre ini untuk menanamkan nilai Al Quran kepada anak-anak sejak dini dan bagi generasi muda.

Dirinya sudah mengukuhkan Pengurus Quran Centre Madani. Ia juga mengukuhkan para imam besar masjid paripurna di Kota Pekanbaru dan Forum Komunikasi Imam Masjid Paripurna Kota Pekanbaru.

Kota Pekanbaru pun kini memiliki dua masjid paripurna tingkat kota yakni Masjid Agung Ar-Rahman di Jalan Jenderal Sudirman dan Masjid Agung Al Firdaus Bandar Tenayan Raya di Jalan Abdul Hamid. Pembinaan masjid paripurna merupakan visi Wali Kota Pekanbaru, Firdaus dan Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi saat menetapkan visi Pekanbaru Metropolitan Madani.

Kepempimpinan keduanya sudah membina 100 masjid paripurna. Penetapan masjid paripurna itu tertuang di dalam surat keputusan Walikota Pekanbaru No. 854 tahun 2021 tentang penetapan status masjid paripurna se- Kota Pekanbaru.
Dua di antara masjid tersebut berstatus masjid paripurna kota. Lalu 15 masjid paripurna kecamatan dan 83 lainnya merupakan masjid paripurna kelurahan. Pemerintah kota menggagas program masjid paripurna di seluruh kecamatan dan kelurahan untuk membangun spiritual.

Para imam besar masjid paripurna di Kota Pekanbaru menjalani pengukuhan pada Januari silam. Rangkaian pengukuhan berlangsung di Masjid Paripurna Agung Al Firdaus Bandar Raya Tenayan.

Firdaus juga mengukuhkan Forum Komunikasi Imam Masjid Paripurna Kota Pekanbaru dan Pengurus Quran Centre Madani. Proses pengukuhan berlangsung lancar.

Firdaus mengatakan bahwa secara keseluruhan ada 102 imam besar masjid paripurna yang mengikuti proses pengukuhan. Mereka merupakan imam besar masjid paripurna kecamatan dan kelurahan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved