Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Tol Pekanbaru-Bangkinang Resmi Fungsional untuk Mudik Lebaran 2022

Lalu mulai H+1 hingga H+7, jalur dibuka untuk arus balik ke arah Pekanbaru. Tol ditutup kembali untuk umum pada Rabu (11/5/2022), guna persiapan sampa

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Tol Pekanbaru-Bangkinang resmi fungsional untuk mudik Lebaran, Selasa (26/4/2022) pagi. Kendaraan mengantre ingin menjajal ruas tol perdana.

Pantauan Tribunpekanbaru.com di lokasi, sejumlah kendaraan sudah mulai mengantre sebelum pukul 08.00 WIB. Ada kendaraan pemudik dan ada juga yang ingin merasakan sensasi tol di hari pertama fungsional.

"Penasaran mau coba dan lihat-lihat tol, bang," kata Egi, warga Kampar ini saat mengantre. Ia ingin merasakan sebagai penjajal tol pertama di kampung halamannya.

Fungsional tol ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Riau, Syamsuar, Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal dan Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto.

Prosesi dipusatkan di akses masuk tol di Kilometer 27 Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang. Usai pengguntingan pita, petinggi daerah itu melambaikan bendera berpola kotak catur saat melepas kendaraan.

Fungsional tol ini gratis selama musim mudik. Dibuka satu jalur. H-7 hingga Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, jalur dibuka untuk arus mudik ke arah Bangkinang. Kendaraan dari arah Bangkinang melintasi jalan nasional.

Lalu mulai H+1 hingga H+7, jalur dibuka untuk arus balik ke arah Pekanbaru. Tol ditutup kembali untuk umum pada Rabu (11/5/2022), guna persiapan sampai laik operasional.

Selama fungsional, tol hanya dibuka bagi jenis kendaraan roda empat Golongan I. Terdiri dari jenis sedan, jip, pikap atau truk kecil. Bus penumpang belum diizinkan melintasi tol.

Jam fungsional pukul 08.00 sampai 16.00 WIB setiap harinya. Ini sesuai dengan ketentuan dari Kepolisian Republik Indonesia bagi tol yang masih fungsional.

Tol fungsional membentang sepanjang lebih kurang 31 kilometer. PT. Hutama Karya sedang merampungkan sisa pengerjaan ruas Tol Pekanbaru-Pangkalan seksi Pekanbaru-Bangkinang yang totalnya 40 kilometer. ( Tribunpekanbaru.com / Fernando Sihombing)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved