Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Habiskan Rp 100 M, Jembatan Baru di Jalintim Pelalawan Sudah Siap Dilalui Saat Lebaran

Kendaraan dari arah Sorek ke Pangkalan Kerinci akan melewati jembatan baru yang dibangun dengan anggaran hingga Rp 100 Miliar lebih.

Penulis: johanes | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN- Ada sebuah jembatan baru yang sudah selesai dibangun dan telah dioperasikan di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kabupaten Pelalawan, Riau tahun 2022 ini. Infrastruktur itu akan menunjang kelancaran arus transportasi di Jalintim.

Jembatan itu yakni jembatan Pangkalan Kerinci ll yang ada di Jalintim menghubungkan Kecamatan Pangkalan Kerinci dan Pangkalan Kuras.

Jembatan ini terbentang di atas Sungai Kampar Pelalawan berdampingan dengan Jembatan Pangkalan Kerinci l. Setelah dibangun selama dua tahun oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, akhirnya jembatan baru itu selesai dan langsung dioperasikan.

"Mulai minggu lalu jembatan yang baru itu sudah bisa dilewati. Jadi sudah dua jembatan atau kembar di Jalintim Pangkalan Kerinci," terang warga Pangkalan Kerinci, Antoni Sabri kepada tribunpekanbaru.com, Senin (25/4/2022).

Diaktifkannya jembatan baru ini, memperlancar arus transportasi dari Sorek menuju Pangkalan Kerinci ataupun sebaliknya.

Sebab selama ini kendaraan kecil hingga berat lewat dari jembatan lama dengan sistem dua arah. Bahkan sering terjadi kemacetan panjang di atas jembatan, karena ada mobil besar membawa muatan banyak nyangkut di tengah jembatan.

Selain itu, dua kendaraan besar yang berlawanan arah kerap bersenggolan hingga menghambat arus lalu lintas. Kondisi gangguan lalu lintas ini selalu terjadi, apalagi saat intensitas kendaraan tinggi pada pagi maupun sore hari.

"Sekarang dua jembatan itu digunakan masing-masing searah. Jadi kendaraan tidak bersinggungan lagi," beber warga Sorek, Hendriko.

Karyawan swasta ini setiap hari melintasi jembatan tersebut saat hendak berangkat bekerja.

Kendaraan dari arah Sorek ke Pangkalan Kerinci akan melewati jembatan baru yang dibangun dengan anggaran hingga Rp 100 Miliar lebih.

Sedangkan kendaraan dari Pangkalan Kerinci ke Sorek melewati jembatan lama.

Tentu keberadaan jembatan ini sangat membantu para pengendara, khususnya warga yang akan mudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Diprediksi kendaraan yang melewati Jalintim akan meningkatkan tajam sebelum dan sesudah Lebaran nanti.

Kapolres Pelalawan, AKBP Guntur Muhammad Tariq SIK melalui Kasat Lantas AKP Lily Sulfiani SIK menyampaikan, sampai saat ini arus lalu lintas di Jalintim masih lancar satu pekan jelang Lebaran. Kendaraan dari Pangkalan Kerinci ke arah Sorek ataupun sebaliknya terpantau tertib.

"Tidak ada penumpukan kendaraan pada satu jalur di sepanjang Jalintim Pelalawan. Sampai saat ini masih tertib dan lancar," terang Kasat Lily Sulfiani.

(Triunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved