Breaking News:

Techno

Daftar 15 Ponsel 5G Murah Banderol Rp 2-5 Jutaan, Smartphone Baru Jelang Lebaran 2022

Mau beli HP 5G? Jangan buru-buru, cek dulu HP 5G mana yang cocok dengan kantong, lokasi, serta dukungan operator seluler yang sesuai dengan Anda.

Editor: CandraDani
Kompas.com/BILL CLINTEN
Sinyal jaringan 5G Telkomsel tertangkap di smartphone Android pada gelaran balap internasional Mandalika MotoGP, 18-20 Maret 2022. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Jelang Lebaran, umumnya banyak orang yang ingin memperbarui barang eletronik. Salah satunya keinginan untuk mengganti smartphone baru dengan dukungan jaringan 5G.

Sebelum membeli, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah menghitung budget yang dimiliki untuk membeli ponsel 5G murah.

Jika Anda memiliki anggaran untuk untuk ponsel 5G murah senilai Rp 2 juta hingga Rp 5 jutaan, terdapat beberapa daftar HP 5G dengan berbagai merk yang cocok dan sesuai dengan anggaran Anda.

Kelimabelas HP 5G tersebut telah mendukung jaringan operator seluler 5G di Indonesia yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan IOH (Indosat Ooredoo Hutchinson).

Namun, tidak semua jajaran HP 5G tersebut didukung oleh ketiganya. 

Hal tersebut dikarenakan setiap HP 5G memiliki spektrum atau pita frekuensi yang harus disamakan dengan pita frekuensi operator seluler.

Sebagai informasi, Telkomsel berada pada spektrum 2,3 GHz dan 1,8 GHz (band n-40 dan n-3), XL Axiata di spektrum 2,1 GHz dan 1,8 GHz (band n-1 dan n-3), serta IOH tersedia di 1,8 GHz (band n-3).

Misal saja Vivo V21 5G sudah bisa digunakan dengan ketiga operator seluler yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan IOH.

Ini karena pita frekuensi atau spektrum ponsel memiliki  band n-1, n-3, dan n-40 yang sama dengan spektrum ketiga operator seluler tersebut. 

Meskipun demikian, karena cakupan jaringan 5G belum menyeluruh ke berbagai wilayah di Indonesia, maka pengguna masih harus mengecek cakupan wilayah 5G pada masing-masing website operator seluler.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved