Breaking News:

Idul Fitri 2022

Jemaah yang Salat Ied di Masjid Annur Parkir di Gereja HKBP, Gubernur Riau: Indahnya Toleransi

Ketika umat muslim melaksanakan ibadah Salat Ied di Masjid Annur, umat kristiani menyediakan tempat parkir di halaman gerejanya

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/SYAIFUL MISGIONO
Jemaah yang akan Salat Ied di Masjid Annur parkir di Gereja HKBP Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hari Senin (2/5/2022) bertepatan dengan satu syawal 1443 Hijriah merupakan hari yang ditunggu-tunggu umat muslim setelah satu bulan berpuasa.

Idul Fitri menjadi hari bagi umat Islam merayakan hari kemenangan.

Idul Fitri tahun 2022 ini berbeda dari 2 tahun sebnelumnya.

Genap hampir 2 tahun, masyarakat Provinsi Riau beribadah Salat Ied dalam dekapan pandemi Covid-19, beribadah secara mandiri bersama keluarga inti di rumah masing-masing.

Tahun ini, pemerintah melonggarkan peraturan dan memperbolehkan umat muslim melaksanakan salat berjamaah di tempat umum.

Pemerintah Provinsi Riau melaksanakan Salat Ied di dua tempat sekaligus, yaitu Masjid Annur dan lapangan kantor gubernur.

Ada yang menarik perhatian saat pelaksanaan Salat Ied di kawasan Masjid Annur, antusiasme masyarakat dalam menghadiri Salat Ied turut disambut baik oleh pengurus Gereja HKBP Pekanbaru dengan menyediakan tempat parkir untuk kendaraan umat muslim yang hendak beribadah di Masjid Annur.

Gubernur Riau yang dijumpai usai Salat Ied mengungkapkan, toleransi di Provinsi Riau sudah terbangun sejak dahulu, hidup rukun dan damai selalu terjaga di Bumi Melayu Lancang Kuning.

“Alhamdulillah, suasana kondusif di Provinsi Riau dari dahulu selalu terjaga, kemajemukan suku dan agama menjadikan Riau lebih indah dan berwarna, suasana kondusif seperti ini juga yang diinginkan oleh para calon investor,” ucap H Syamsuar

Lebih lanjut Gubernur Riau mengapresiasi rukunnya umat antar agama, dan berpesan agar terus memupuk rasa persaudaraan.

“Tadi sangat indah, ketika umat muslim melaksanakan ibadah Salat Ied di Masjid Annur, umat kristiani menyediakan tempat parkir di halaman gerejanya,” ujar Syamsuar.

“Ini merupakan simbol bahwasanya kehidupan toleransi antar agama di Provinsi Riau sangat rukun satu antar lain,” tutup Gubernur Riau yang selalu menyampaikan akan pentingnya menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama di kehidupan sehari-hari.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgio )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved