Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Bupati Zukri Lepas Pawai Takbir Idul Fitri di Pelalawan

Ia mengimbau agar peserta pawai tetap berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Serta mengumandangkan takbir ke seluruh pelosok Pelalawan

Penulis: johanes | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri melepas pawai takbir keliling pada malam Idul Fitri, Minggu (1/5/2022) malam, di depan lapangan Ruang Publik Kreatif (RPK) Pangkalan Kerinci.

Bupati Zukri didampingi Wakil Bupati Nasarudin serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam melepas pawai takbir keliling yang diikuti belasan peserta.

Setelah proses pembukaan dengan laporan dari komandan pawai, Bupati Zukri menyampaikan sambutan dan resmi melepas pawai takbir keliling.

Ditandai dengan pemukulan beduk bersama Forkopimda yang disiapkan oleh panitia pelaksana dari Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan.

Adapun peserta yang ikut pawai takbir yakni dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta kelompok masyarakat dari mesjid.

Kemudian diikuti ribuan warga yang menggunakan mobil maupun sepeda motor. Personil dari Polres Pelalawan dan jajarannya dibantu Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) mengamankan perjalanan pawai takbir keliling agar berjalan dengan lancar.

Dalam arahannya, Bupati Zukri menyampaikan setelah dua tahun Pemda tidak menggelar pawai takbir keliling karena pandemi Covid-19, pada malam Idul Fitri 1443 Hijriah atau 1 Mei 2022 pawai takbir kembali dilaksanakan.

Namun masih dalam kondisi yang tetap dibatasi oleh Protokol Kesehatan (Prokes) dalam mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Kita berdoa tahun depan kita bisa menggelar pawai takbir keliling lebih meriah lagi dan tidak ada pembatasan lagi," ungkap Zukri.

Saat ini, kata Zukri, pandemi Covid-19 sedang berproses menuju tahap endemi seperti yang diprogramkan pemerintah pusat. Jika kedepan sebagai endemi, berarti tidak ada lagi pembatasan dalam kegiatan termasuk perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Ia mengimbau agar peserta pawai tetap berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Serta mengumandangkan takbir ke seluruh pelosok Pelalawan sebagai tanda hari kemenangan bagi umat Muslim setelah satu bulan berpuasa.

"Semoga kita bisa bertemu lagi dengan Ramadhan tahun depan dengan diberikan umur yang panjang," tandasnya.

Adapun rute pawai takbir keliling tahun ini yakni mengikuti jalur sebelumnya yaitu titik keberangkatan dari depan lapangan RPK Pangkalan Kerinci menyusuri Jalan Sultan Syarif Hasyim hingga ke Simpang Kualo.

Selanjutnya berbelok ke Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kota Pangkalan Kerinci sampai ke perempatan lampu merah Simpang Langgam. Peserta kemudian berbalik arah dari lampu merah ke Simpang Kualo dengan mengitari ibukota Pelalawan. Hingga akhirnya kembali ke titik awal sebagai garis finish.

"Kita akan nilai dari segi kreasi peserta, kekompakan, dan lainnya. Pemenang ditentukan dari kriteria itu," pungkas mantan Camat Ukui ini.

( Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved