Breaking News:

Bukan Karena Belum Vaksin Covid, Ini Alasan Banyak Anak-anak Terkena Hepatitis Akut

Penyakit misterius ini banyak menginfeksi anak-anak dibawah 6 tahun, yang justru belum menerima vaksin Covid-19. 

Editor: Muhammad Ridho
Tribunpekanbaru.com / Doddy Vladimir
Petugas medis menyuntikkan vaksin kepada ANAK saat vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Mal Pekanbaru, Sabtu (15/1/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Muzal Kadim menegaskan, penyakit hepatitis akut berat yang menjangkiti anak-anak tidak terkait vaksinasi Covid-19

Pasalnya, penyakit misterius ini banyak menginfeksi anak-anak dibawah 6 tahun, yang justru belum menerima vaksin Covid-19. 

"Sampai saat ini hepatitis akut berat ini tidak dikaitkan dengan vaksinasi covid, karena sebagian besar dari kasus yang muncul saat ini belum divaksin," kata dia dalam konferensi pers virtual, Sabtu (7/5/2022).

"Justru belum divaksin karena kebanyakan anak dibawah umur 6 tahun," sambungnya. 

Ia memaparkan, dari laporan yang ada seperti di Inggris, penyakit hepatitis akut berat ini bahkan banyak menyerang anak dibawah usia 2 tahun. 

"Di UK itu juga banyak nah itu belum divaksin covid. Jadi sampai sekarang ini sama sekali tidak dikaitkan dengan vaksin," tutur Dokter Muzal.

Selain itu, ia memaparkan hepatitis akut yang dihubungkan dengan Covid-19 juga masih dugaan, apakah itu sebagai satu ko-insiden atau bersamaan maupun sebagai penyebab langsung. 

Lantaran, gejala kedua penyakit ini berbeda. 

"Kadang-kadang itu sebagai suatu ko-insiden atau bersamaan ada yang ditemukan itu juga Covid juga ditemukan Adenovirus, jadi bersamaan.

Mana yang menyebabkan juga masih belum bisa diketahui.

SAmpai saat ini kita dibantu WHO dan beberapa negara masih melakukan investigasi penyebab pastinya," urainya.

( Tribunpekanbaru.com )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved