Breaking News:

Ketika Pembangkit Listrik 'Impossible' Itu Jadi Buah Tangan di Penghujung Masa Jabatan Firdaus

Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (LPTGU) berkapasitas 275 Megawatt di Kawasan Industri Tenayan (KIT) Pekanbaru, Riau, Kamis (12/5/2022) resmi

Editor: Ilham Yafiz
ISTIMEWA
Ketika Pembangkit Listrik 'Impossible' Itu Jadi Buah Tangan di Penghujung Masa Jabatan Firdaus 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (LPTGU) berkapasitas 275 Megawatt di Kawasan Industri Tenayan (KIT) Pekanbaru, Riau, Kamis (12/5/2022) resmi beroperasi.

Di tengah haru biru diresmikannya pembangkit listrik berbahan bakar gas dan uap  yang akan mengaliri kebutuhan listrik di Provinsi Riau dan jaringan interkoneksi PLN di wilayah Sumatera-Bangka Belitung itu, seorang pria berkemeja merah bernama Agus Mulyono langsung menghampiri dan memeluk Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST, MT.

''Pak Wali, terima kasih... terima kasih karena sudah membantu berdirinya PLTGU di Tenayan Raya ini,'' ungkap pria yang tak lain merupakan salah seorang petinggi Medco Power Indonesia.

''Kalau tidak karena pak Wali Kota, dukungan dan kemudahan yang diberikan, tentu tidak mudah PLTGU ini,'' ungkap Agus yang kala itu didampingi  Head of Corporate Counsel PT. MPI Ibnu Nurzaman.

Dia mengenang masa di mana awal-awal sekali rencana pendirian PLTGU 275 Megawatt tersebut. 

''Ide awal berdirinya PLTGU ini dari usulan Pak Wali. Berkasnya kami dapati di Kementerian.Karena itulah, setelah memenangkan tender, kami bergegas ke Pekanbaru bertemu Wali Kota untuk memastikan lokasi yang tepat untuk pendirian,'' imbuh dia lagi.

Dan ternyata sambutan yang diberikan juga sungguh luar biasa. Pak Wali langsung mengarahkan ke Kawasan Industri Tenayan ini. 

''Proses perizinannya semua dipermudah, tidak ada kendala dalam perizinan. Lokasinya juga cocok dan strategis dan yang penting aman, tidak ada gangguan selama pelaksanaan pembangunan PLTGU ini,'' ungkap dia yang dibenarkan Ibnu.

Atas semua dukungan dan kemudahan itu, Medco menyampaikan terima kasih kepada Pemko Pekanbaru.

Pada kesempatan itu juga, Wali Kota Pekanbaru juga menghaturkan terima kasih dan selamat atas beroperasinya PLTGU 275 Megawatt tersebut.

Semoga kehadiran PLTGU ini bisa membantu mendukung kebutuhan energi listrik nasional, dan tentunya ikut membantu pada pertumbuhan ekonomi kawasan, di Riau, khususnya di Kota Pekanbaru.

Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (LPTGU) berkapasitas 275 Megawatt di Kawasan Industri Tenayan (KIT) Pekanbaru, Riau, Kamis (12/5/2022) resmi beroperasi.
Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (LPTGU) berkapasitas 275 Megawatt di Kawasan Industri Tenayan (KIT) Pekanbaru, Riau, Kamis (12/5/2022) resmi beroperasi. (ISTIMEWA)

Latar Belakang Berdirinya PLTGU 275

PLTGU 275 di Kawasan Industri Tenayan (KIT) Pekanbaru merupakan satu dari dua pembangkit yang berdiri di Tenayan Raya. 

PLTGU ini pertama sekali usulannya diajukan Wali Kota Pekanbaru pada tahun 2014. 

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved