Breaking News:

Berita Dumai

Cuaca Panas Ekstrem, BPBD Dumai Tingkatkan Patroli di Kawasan Rawan Karhutla Meski Nihil Hotspot

Kalaksa BPBD Dumai, Adyan mengungkapkan, pihaknya tetap melakukan patroli meski tidak ditemukan titik api maupun titik panas

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Ilustrasi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Pekerjaan tim satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Dumai, ‎menjadi sedikit lebih ringan, pasalnya titik api dan panas nihil. Namun beberapa hari belakangan cuaca panas ekstrem melanda Dumai.

‎Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dumai, Adyan mengungkapkan, pihaknya tetap melakukan patroli meski tidak ditemukan titik api maupun titik panas.

"Hingga saat ini titik api di Dumai nihil. Walaupun begitu tim satgas tetap melakukan patroli di daerah rawan karhutla, mengingat cuaca panas pada hari ini (Minggu) bisa dibilang ekstrem," katanya kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (22/5/2022).

Adyan mengungkapkan, pihaknya masih terus memfokuskan pada patroli di kawasan rawan karhutla, agar ketika menemukan titik api bisa segera dipadamkan.

"Patroli ini merupakan langkah pencegahaan dalam penanganan karhutla di Dumai, karena patroli sangat penting dilakukan sebelum terjadinya Karhutla," jelasnya.

Saat ini Tim Satgas Karhutla Kota Dumai masih tetap fokus patroli karhutla dan melakukan langkah-langkah antisipasi.

"Beberapa hari yang lalu sempat terpantau dari satelit ada titik panas di sungai sembilan, namun saat dicek oleh Tim Satgas Darat ternyata tidak ada, diduga itu pusaran angin panas," jelasnya

Untuk kendala di lapangan yang ditemui, sebelumnya, saat melakukan pemadaman, yakni selain kondisi cuaca panas, dan lahan gambut serta angin kencang, menyulitkan tim melakukan pemadaman dan pendinginan.

Ia menyebutkan kondisi lahan gambut memang membuat lahan mudah terbakar, karena sore api sudah berhasil dipadam, namun saat malam api kembali menjalar sehingga saat pagi luas lahan terbakar semakin luas, ditambah angin kencang.

Selain itu, kepada camat dan lurah se-Kota Dumai beserta seluruh jajarannya agar proaktif menjaga lingkungan.

Segera laporkan jika ada hotspot/titik api kepada Posko Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan BPBD Kota Dumai agar dilakukan tindakan cepat pencegahan dan pemadaman.

( Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Putra )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved