Breaking News:

Harga Sawit di Riau

Ini Isi Surat Edaran Gubernur Riau Usai Larangan Ekspor CPO Dicabut Presiden Jokowi

Menindaklanjuti pengumuman Presiden RI pada 19 Mei 2022 tentang pembukaan kembali ekspor minyak goreng, Gubernur Riau juga mengeluarkan surat edaran

Penulis: Rino Syahril | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Ilustrasi kelapa sawit. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Presiden RI resmi mencabut larangan ekspor sawit dan turunannaya teramsuk CPO dan minyak goreng.

Pencabutan larangan ekspor resmi berlaku mulai Senin kemarin tanggal 23 Mei 2022.

Menindaklanjuti pengumuman Presiden RI tanggal 19 Mei 2022 tentang pembukaan kembali ekspor minyak goreng, Gubernur Riau juga mengeluarkan surat edaran.

Dasar surat edaran itu adalah Permendag Nomor 30 Tahun 2022 tanggal 23 Mei 2022 tentang Ketentuan Ekspor Crude Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein dan Used Cooking Oil.

Serta menindaklanjuti surat Menteri Pertanian Nomor :101/KB.020/M/5/2022 tanggal 20 Mei 2022 perihal Percepatan Penyerapan Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Pekebun.

Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi melalui surat edarannya nomor : 526/Disbun/1259 ditujukan kepada seluruh bupati/wali kota, Ketua GAPKI Riau dan seluruh pimpinan perusahaan pabrik kelapa sawit (PKS).

Dalam surat edaran itu, Gubernur Riau menegaskan seluruh pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS) agar segera melakukan percepatan penyerapan TBS kelapa sawit pekebun.

Dengan harga pembelian TBS mengacu pada harga yang telah ditetapkan oleh Tim Penetapan Harga Pembelian TBS Provinsi Riau.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 01 Tahun 2018 dan Peraturan Gubernur Riau Nomor 77 Tahun 2020.

Kemudian bagi pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS) yang tidak menaati dan tidak melaksanakan ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 01 Tahun 2018 dan Peraturan Gubemur Riau Nomor 77 Tahun 2020, akan diberikan peringatan atau sanksi sesuai dengan ketentuan dimaksud.

( Tribunpekanbaru.com / Rino Syahril )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved