Breaking News:

Opini

Pentingnya Manajemen Pendidikan Pasca Pandemi

Wabah covid-19 yang melanda dunia kurang lebih 2 tahun memberikan dampak dalam segala sektor kehidupan, begitu juga dunia pendidikan

Editor: Rinal Maradjo
unsplash.com
Ilustrasi Pendidikan 

Pentingnya Manajemen Pendidikan Pasca Pandemi

Sari Herlina
Sari Herlina (istimewa)

Oleh : Sari Herlina
Dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Riau
Mahasiswa Pascasarjana UPI Bandung

PANDEMI covid-19 yang sudah melanda dunia kurang lebih dua tahun memberikan dampak dalam segala sektor kehidupan, hal ini tidak terlepas juga dalam dunia pendidikan.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi covid-19 ini menyebabkan kondisi learning loss yaitu kondisi penurunan minat belajar dan terjadi kesenjangan kemampuan.

Hal ini perlu perbaikan yang serius dalam bidang pendidikan. Upaya perbaikan itu dapat dilakukan melalui manajemen pendidikan yang baik.

Manajemen pendidikan dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan dalam pendidikan karena didalamnya terdapat proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta monitoring dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada, baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan pendidikan.

Manajemen pendidikan yang masih relevan diterapkan di Indonesia adalah manajemen pendidikan berorientasi hasil dan manajemen pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM).

Manajemen Pendidikan berorientasi Hasil

Manajemen pendidikan berbasis hasil dikenal dengan Outcame-based Education (OBE). OBE merupakan pendekatan dalam pendidikan dari kurikulum yang berfokus untuk mengukur performansi perserta didik.

Performansi yang diharapkan muncul dalam peserta didik adalah pencapaian keterampilan dan pengetahuan tingkat tertentu.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved