Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Normalisasi Sungai Sail di Kota Pekanbaru Sudah Berjalan

Aliran Sungai Sail di Kota Pekanbaru mulai mengalami proses normalisasi. Upaya normalisasi ini untuk mencegah pendangkalan

Penulis: Fernando | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Aliran Sungai Sail di Kota Pekanbaru mulai mengalami proses normalisasi. Upaya normalisasi ini untuk mencegah pendangkalan terjadi di aliran sungai tersebut.

"Secara bertahap kita tingkatkan, bukan hanya di sini, tapi di beberapa tempat," papar Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun usai meninjau normalisasi Sungai Sail

Muflihun tidak hanya meninjau normalisasi aliran Sungai Sail. Normalisasi sungai juga berlangsung di aliran Sungai Sibam dan Sungai Hitam.

Normalisasi ini untuk mengurangi dampak banjir di sekitar aliran sungai. Ia menyebut bahwa penyebab utama banjir di sekitar aliran Sungai Sail adalah sedimentasi atau pendangkalan di aliran sungai.

Dirinya mengatakan bahwa terakhir pengerukan di aliran sungai itu berlangsung pada tahun 90 an silam. Ada sekitar 32 tahun aliran sungai itu tidak mengalami normalisasi.

"Sekarang sudah 2022, sudah 30 tahun. Saya rasa wajarlah bertumpuk," ujarnya.

Muflihun mengingatkan dinas terkait untuk mengatasi banjir di sekitar aliran sungai. Ia menegaskan bahwa penanganan banjir menjadi satu fokus pemerintah kota.

Pemerintah kota pun meminta bantuan kepada
Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III Pekanbaru untuk normalisasi sungai. Ia mengajak masyarakat bersabar karena pemerintah kota sedang berupaya menuntaskan satu persatu permasalahan yang ada di Kota Pekanbaru.

Pengaduan masyarakat paling banyak tentang banjir di wilayahnya. Mereka juga memantau titik banjir di titik lainnya seperti di Jalan Arifin Achmad dan Jalan HR Soebrantas.

"Kita meninjau lokasi, guna melihat langsung kondisi titik banjir," ulasnya.

( Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved