Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Antisipasi Pohon Tumbang Saat Hujan dan Angin Kencang, Dinas PUPR Pelalawan Pangkas Tanaman

Semua pohon yang roboh diterpa hujan dan angin kencang berada di tepi jalan. Ada yang menimpa mobil dan ada yang jatuh nyaris mengenai rumah warga

Penulis: johanes | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN- Kejadian pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang pada Sabtu (28/5/2022) lalu di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau membuat masyarakat heboh. Pasalnya, sidikitnya ada empat kejadian pohon tumbang.

Semua pohon yang roboh diterpa hujan dan angin kencang berada di tepi jalan. Ada yang menimpa mobil dan ada yang jatuh nyaris mengenai rumah warga. Pohon tersebut berukuran besar hingga sedang dengan kondisi yang miring atau nyaris membusuk. Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Satpol dan Damkar Pelalawan turun ke lokas kejadian untuk melakukan penyelamatan serta mengevaluasi pohon tumbang.

Ternyata Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pelalawan telah memulai program pembersihan pohon, ranting dan dahan tanaman di tepi jalan sejak Jumat (27/5/2022). Namun belum semua pohon di wilayah Pangkalan Kerinci yang dibersihkan hingga kejadian pohon tumbang melanda Pangkalan Kerinci.

"Sejak Jumat sudah mula bersihkan pohon-pohon yang menganggu arus lalu lintas di jalan-jalan yang ada di Pangkalan Kerinci," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pelalawan, Joko Sutiardi ST kepada tribunpekanbaru.com, Senin (30/5/2022).

Ia menjelaskan, pembersihan dimulai dari Jalan Tengku Abdul Jalil di dekat dan beberapa jalan protokol lainnya. Setiap ranting pohon yang telah menutupi jalan, dipangkas agar tidak menggangu lalu lintas. Sedangkan pohon yang telah busuk dan mati tapi masih tetap berdiri ditebang total. Pembersihan ini untuk mengantisipasi insiden pohon tumbang saat hujan deras yang disertai angin kencang. Fenomena ini kerab terjadi di beberapa daerah di Riau, termasuk Pelalawan.

Proses penebangan ini sesuai dengan instruksi Bupati Pelalawan H Zukri kepada beberapa instansi untuk mengantisipasi bencana yang muncul akibat cuaca ekstrim. Dinas PUPR bekerjasama dengan Damkar Pelalawan, Dinas Perhubungan, dan instansi lainnya.

"Lantaran kita yang memiliki alat dan sarana prasarana, jadi anggota kita yang mengeksekusi di lapangan dan diamankan instansi lain," paparnya.

Kepala Bidang Damkar Satpol PP dan Damkar Pelalawan, Syafrizal menyampaikan empat kejadian pohon tumbang di Pangkalan Kerinci pada Sabtu (28/5/2022) lalu tidak menimbulkan korban luka maupun jiwa. Seperti di Jalan Pepaya, di Jalan Pemda Gang Selain, Jalan Sultan Syarif Hasyim, dan Jalan Arya Guna dekat Polres Pelalawan.

"Kita mengimbau masyarakat untuk waspada saat hujan turun di sertiap angin kencang. Disarankan menghindari pohon di tepi jalan," katanya

Syafrizal mengungkapkan, pihaknya meminta warga untuk melaporkan jika ada pohon yang nyaris tumbang di tepi jalan yang bisa membahayakan keselamatan warga maupun pengendara. Agar segera bisa dilakukan evakuasi sebelum kejadian.

( Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved