Breaking News:

Berita Bengkalis

Pelabuhan Internasional BSSR Bengkalis Siap Layani Rute Melaka dan Muar Malaysia

Pelabuhan BSSR Bengkalis secara fasilitas sudah siap dioperasikan melayani penyeberangan internasional Bengkalis tujuan Melaka dan Muar Malaysia

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: CandraDani
Tribunpekanbaru/Muhammad Natsir
Wakil Bupati Bengkalis Meninjau Kesiapan Pelabuhan BSSR Untuk dioperasikan Kembali, Rabu (31/5) siang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso meninjau langsung Pelabuhan Internasional Bandar Seri Setia Raja (BSSR) Bengkalis di Selat Baru Kecamatan Bantan Bengkalis.

Peninjauan dilakukan untuk memastikan pelabuhan ini siap dioperasikan melayani penyeberangan internasional Bengkalis tujuan Melaka dan Muar Malaysia.

Ini dilakukan mengingat pemerintah Bengkalis sudah mengajukan surat permohonan kepada Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan Bengkalis agar pelabuhan ini dioperasikan kembali.

Menurut Bagus ada beberapa hal yang membuat pemerintah Bengkalis meminta Dirjen Hubla untuk menggesah dibuka kembali pelabuhan ini.

Diantaranya dengan beroperasi kembali pelabuhan ini akan membuat tumbuh kembali geliat ekonomi di Bengkalis.

Kemudian secara kultur Bengkalis dan jiran Melaka serta Muar masih dalam ikatan melayu yang sama, banyak warga Bengkalis yang memiliki keluarga dan saudara di seberang sana.

"Dahulunya hampir tiap bulan masyarakat kita pulang balik Bengkalis Malaysia dan sebaliknya. Bukan persolan jauh dekat, tetapi kultur kita dengan malaysia sudah menyatu dari dahulunya," terangnya.

Menurut Bagus kondisi Covid-19 di Bengkalis sudah cukup mereda beberapa bulan terakhir ini.

Ini bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan ekonomi satu diantaranya dengan pembukaan jalur laut internasional ini.

"Sebenarnya Gubernur Riau juga sudah meminta jalur Bengkalis ini dibuka kembali bersamaan dengan Dumai kepada Kementerian Perhubungan. Namun yang baru disepakati buka baru Dumai, kita pemerintah Bengkalis juga sudah mengajukan juga untuk dibuka," terangnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perhubungan Bengkalis Fahrizal mengatakan, pelabuhan BSSR Bengkalis secara fasilitas sudah siap. Semua kebutuhan sesuai standar prosedur operasional sudah dipenuhi.

"Termasuk kebutuhan pihak stakeholder terkait seperti Imigrasi, Bea Cukai dan KSOP Bengkalis juga sudah kita penuhi," tambahnya.

Selain itu ruang thermo detektor untuk mengantisipasi Covid 19 juga sudah disediakan. Sehingga sudah siap untuk dioperasikan.

"Kita sudah siap semuanya dan siap untuk dioperasikan, sarana prasarana lainnya sebagai pendukung juga sudah disiapkan," tandasnya.(Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved