Breaking News:

Berita Riau

Pernah Gagal Bersama Firdaus, Rusli Effendi Masih Siap Bila Diusung PPP Maju di Pilkada Riau

Kader senior PPP Riau Rusli Effendi meminta jangan hanya fokus pilgub, tapi bagaimana pengurus pimpinan PPP Riau dan DPC menghadapi pemilu 2024

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Kader senior PPP Riau Rusli Effendi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Saat ini memang sudah bukan rahasia umum lagi sejumlah nama sudah mulai muncul untuk menyatakan diri ikut kontestasi Pilkada Riau 2024, termasuk Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Riau Syamsurizal.

Dirinya bahkan menyatakan diri kesiapannya untuk maju sebagai calon gubernur Riau di Pilkada 2024 mendatang, apalagi mendapat dukungan penuh dari Ketua Umum Suharso Monoarfa.

Terakhir Syamsurizal digadang-gadang disandingkan dengan politisi perempuan Septina Primawati untuk maju sebagai calon di Pilkada Riau mendatang.

Hanya saja tidak semua kader PPP ternyata menyambut langkah yang dilakukan Syamsurizal itu, apalagi perjuangan untuk menuju perebutan kekuasaan di Pilkada itu harus banyak tahapan dan proses dilewati.

Kader senior PPP Rusli Effendi ikut menanggapi keinginan Syamsurizal tersebut, Ia mengatakan menyambut baik adanya kader yang telah mempersiapkan diri untuk maju sebagai calon gubernur Riau di Pilkada 2024 nanti.

"Saya sebagai kader menghargai dan bangga adanya kader partai yang maju sebagai calon gubernur. Bagi PPP bukan pertama tapi ada kader kita Pak Wan Abu Bakar, Rusli Zainal dulu dari PPP sebagai gubernur. Artinya ini bukan prestasi tapi mengejar yang tertinggal,"ujar Rusli Effendi kepada Tribunpekanbaru.com.

Mantan ketua PPP dua periode ini berharap kepada kader jangan hanya fokus pilkada gubernur, tapi bagaimana pengurus pimpinan PPP Riau dan DPC menghadapi pemilu 2024.

Karena menurutnya hal tersebut sangat penting.

"Menentukan pilkada, pilgub, pilbup, pilwako dasarnya pileg itu. Apalagi saat ini posisi PPP di DPRD Riau hanya empat kursi. Kebutuhannya 13 kursi, untuk maju dalam pilgub,"ujarnya.

Jadi menurut Rusli Effendi, yang sudah pernah membuat PPP jaya di Riau, pengurus lebih memfokuskan pada pileg 2024 dengan menambah jumlah kursi di legislatif.

"Rohil zaman saya ketua dulu jumlah kursi di legislatif 6 sekarang tinggal 2, Bengkalis kampung Pak Syamsurizal dari 7 tinggal 1 begitu juga kota Pekanbaru hanya satu,"ujarnya.

Ditanya soal dirinya apakah maju sebagai calon gubernur di pilkada 2024, mengaku siap jika hasil mekanisme dan keputusan partai menunjuknya sebagai calon.

"Prinsipnya sebagai kader partai dari bawah saya taat dan siap, apa lagi saya sudah pernah calon wagub 2018. Namun realita politik hasil pemilu 2024 menjadi pertimbangan penting, kita lihatlah realita politik nanti,"jelasnya.

Sebagaimana diketahui Rusli Effendi pernah maju sebagai calon Wakil Gubernur Riau mendampingi Firdaus, hanya saja kalah di Pilkada 2018 silam.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved