Breaking News:

Berita Bengkalis

MUI Bengkalis Imbau Penyelenggara Kurban Pastikan Hewan digunakan Dalam Keadaan Sehat

Berdasarkan Fatwa MUI hewan kurban yang memiliki gejala ringan lepuh ringan di celah kuku, lesu, tak nafsu makan dan keluar air liur masih sah.

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Ditemukan sapi yang menderita Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) jelang hari raya kurban membuat peternak sapi di Riau mulai khawatir. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bengkalis meminta penyelenggara kurban setiap masjid memastikan hewan kurban yang disembelih harus betul betul sehat.

Apalagi saat ini tengah maraknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan kambing sapi dan kerbau.

Hal ini diungkap Ketua MUI Bengkalis Amrizal kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (2/5) siang.

Menurut dia terkait penyakit PMK tersebut MUI pusat sudah mengeluarkan fatwa dan sudah diterima oleh MUI Bengkalis.

"Untuk hewan kurban yang akan disembelih harus memperhatikan kesehatannya. Hewan harus benar benar sehat secara fiqih menjadi syarat sah," Terangnya.

Dengan dipastikannya hewan dalam keadaan sehat tentu nantinya daging yang dibagikan tidak memiliki mudorat bagi penerimanya.

Terkait kondisi penyakit PMK yang perlu di perhatikan sesuai fatwa MUI ada beberapa ketentuan.

"Diantaranya berdasarkan Fatwa MUI hewan kurban yang memiliki gejala ringan seperti lepuh ringan pada celah kuku, kondisi lesu, tidak nafsu makan dan keluar air liur lebih dari biasanya masih sah menjadi hewan kurban," Terangnya.

Sementara hewan yang memiliki gejala klinis berat terserang PMK tidak sah dijadikan hewan kurban.

Sedangkan hewan kurban yang sudah sembuh dari gejala klinis berat PMK pada tanggal 10 hingga 13 Dzulhijjah hewan tersebut sah dijadikan hewan kurban.

"Namun jika baru dinyatakan sembuh setelah tanggal 13 Dzulhijjah jika disembelih makan hewan tersebut dianggap sedekah. Karena sudah melewati rentang waktu di perbolehkan kurban," Terangnya.

Meskipun demikian, MUI Bengkalis tetap mengimbau agar penyelenggara kurban memastikan hewan yang digunakan untuk kurban betul betul dalam keadaan sehat.(Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved