Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Anggaran Minim, Ruas Jalan Rusak di Jalan Delima Pekanbaru Hanya Bisa Ditambal Sulam

Akibatnya jalan tersebut kerap tergenang air usai hujan deras melanda. Kerusakan ruas jalan pun semakin bertambah akibat sering tergenang air

Penulis: Fernando | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Ruas jalan rusak di Jalan Delima, Kota Pekanbaru akhirnya dilakukan perbaikan, Kamis (2/6/2022). Ruas jalan itu sudah lama mengalami kerusakan sehingga kini harus ditambal sulam.

Apalagi ruas jalan itu sudah mengalami beberapa kali proses tambal sulam. Namun ruas jalan tersebut kembali mengalami kerusakan akibat drainase sekitar ruas jalan itu tidak berfungsi dengan baik.

Akibatnya jalan tersebut kerap tergenang air usai hujan deras melanda. Kerusakan ruas jalan pun semakin bertambah akibat sering tergenang air.

Satu unit alat berat juga disiagakan untuk mengeruk drainase di dekat jalan itu. Pasalnya drainase itu tidak berfungsi dengan baik sehingga air pun meluber hingga ke jalan.

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun meninjau langsung lokasi perbaikan ruas jalan rusak itu Kamis (2/6/2022). Ia juga melihat langsung kondisi terkini drainase di sekitar ruas jalan tersebut.

Muflihun pun mendorong Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru bisa menuntaskan permasalahan ini. Mereka harus menggesa penanganan drainase rusak dan jalan berlubang.

"Memang kita fokus menangani drainase dan jalan berlubang," ujarnya kepada Tribunpekanbaru.com usai meninjau lokasi perbaikan jalan.

Dirinya menyadari bahwa pada tahun ini belum semua ruas jalan dan drainase bisa diperbaiki. Ia mengimbau masyarakat untuk bersabar karena pemerintah kota berupaya melakukan perbaikan secara bertahap.

"Kita laksanakan, tapi mungkin secara bertahap," akunya.

Muflihun mendapati ruko yang sengaja menutup drainase di depannya. Ia menyebut bahwa ulah oknum pemilik atau penyewa ruko membuat drainase tidak berfungsi dengan baik lantaran penuh dengan sampah.

Bagian drainase yang tertutup menyulitkan proses pengerukan drainase yang ada. Mereka juga tidak membuat bak kontrol sehingga tidak diketahui kondisi drainase yang tersumbat sampah.

Pemilik ruko jangan sampai mengusir petugas dari Dinas PUPR Kota Pekanbaru yang hendak mengeruk drainase. Apalagi drainase yang ada menyangkut kebutuhan orang banyak di sekitarnya.

"Tapi saya lihat tadi di bak kontrol air menggenang, pasti ada penyumbatan," jelasnya.

Pemerintah kota pada tahun ini menggelontorkan anggaran belasan miliar rupiah untuk perbaikan ruas jalan rusak. Anggaran ini untuk operasional dan pemeliharaan atau OP.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved