Breaking News:

Edukasi Bendahara Desa, KPP Pratama Bangkinang Lakukan Sosialisasi 'Pajak atas Dana Desa'

Tim Penyuluh KPP Pratama Bangkinang memberikan edukasi kepada Bendahara Desa untuk melakukan kewajiban perpajakan dengan benar dan tepat waktu.

Editor: Sesri
Istimewa
KPP Pratama Bangkinang mengadakan kegiatan penyuluhan terhadap Bendahara Desa se-Kecamatan Siak Hulu berlokasi di Aula Kantor Camat Siak Hulu (Selasa, 7/6/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bangkinang mengadakan kegiatan penyuluhan terhadap Bendahara Desa se-Kecamatan Siak Hulu berlokasi di Aula Kantor Camat Siak Hulu (Selasa, 7/6/2022).

Dengan diterbitkannya NPWP Desa, Bendahara Desa memiliki kewajiban perpajakan berupa memungut/memotong, menyetor, dan melaporkan pajak atas pengelolaan/ penggunaan dana desa.

Oleh karena itu, Tim Penyuluh KPP Pratama Bangkinang memberikan edukasi kepada Bendahara Desa untuk melakukan kewajiban perpajakan dengan benar dan tepat waktu.

Pelaksanaan Sosialisasi ini dilakukan dengan terlebih dahulu berkoordinasi kepada Kecamatan Siak Hulu.

Peserta kegiatan terdiri dari Bendahara Desa yang berasal dari 12 desa se-Kecamatan Siak Hulu. Kegiatan dibuka dengan kata sambutan dari Camat Siak Hulu Rahmat Fajri.

“Kami sangat menyambut Tim Penyuluh Pajak KPP Pratama Bangkinang, diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, Bendahara Desa dapat memahami dan melaksanakan kewajiban perpajakannya,” ucapnya.

Muhammad Fikri Kurniawan Pamungkas selaku Asisten Fungsional Penyuluh Pajak KPP Pratama Bangkinang mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada bendahara desa ketika melakukan pemotongan/ pemungutan perpajakannya.

“Bendahara Desa sebagai pihak yang memiliki wewenang untuk melakukan pemotongan dan pemungutan pajak juga harus mengetahui aspek-aspek perpajakannya, terlebih yang berkaitan dengan kewajiban dalam melakukan pemotongan dan pemungutan Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN),” sebut Fikri.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, Fikri juga memaparkan tentang Program Pengungkapan Sukarela (PPS).

Fikri berharap Bendahara Desa yang mengikuti kegiatan ini juga dapat menyampaikan kepada masyakarat desa untuk mengikuti PPS yang akan berakhir dalam beberapa minggu lagi (30 Juni 2022).

Sosialisasi berjalan dengan lancar dan peserta yang terlihat antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan seputar kewajiban perpajakan desa.

KPP Pratama Bangkinang berharap, setelah kegiatan penyuluhan ini, Bendahara Desa se-Kecamatan Siak Hulu dapat melakukan pemotonga/pemungutan pajak dengan benar dan melakukan pelaporan tepat waktu.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved