Breaking News:

Video Berita

VIDEO: 141 Calon Jemaah Haji Pelalawan Dilepas Bupati Zukri

dari 6 ribu warga Pelalawan yang sudah mendaftar ibadah haji, tahun ini hanya 141 orang yang berangkat setelah dua tahun Arab Saudi

Penulis: johanes | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Bupati Pelalawan, H Zukri berbagai pengalaman saat naik haji dan melaksanakan umrah beberapa waktu lalu kepada seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Pelalawan, Kamis (9/6/2022).

Pengalaman itu disampaikan Bupati Zukri saat acara pelepasan JCH Pelalawan yang digelar di gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci. Sebanyak 141 warga Pelalawan akan berangkat ke Arab Saudi tahun ini. Pemda menggelar seremoni pelepasan dua Minggu sebelum JCH berangkat ke tanah suci.

"Saya sarankan jangan sombong di sana, karena apa yang kita lakukan akan langsung dibalas oleh Allah. Itu terbukti dan sudah saya alami," beber Bupati Zukri.

Ia bercerita saat melaksanakan ibadah umrah beberapa waktu lalu, istri dari teman satu rombongannya hilang saat saat di Mekah. Awalnya, mereka berang sholat ke mesjid, namun sebelum masuk ke rumah ibadah sang suami menyampaikan agar pulangnya nanti bersamaan. Namun sang istri menjawab dirinya bisa pulang sendiri tanpa ditemani. Ternyata sikap sombong itu langsung dibalas. Saat kembali ke penginapan, sang istri tidak kunjung pulang dan sempat dinyatakan hilang hingga akhirnya ditemukan kembali.

Berbagai kejadian juga dialaminya maupun diceritakan orang yang mengalami kepada Bupati Zukri. Ia sudah empat kali ke tanah suci, tiga kali umrah dan satu kali naik haji. Kesempatan bisa sampai ke Jeddah dan Mekah merupakan rezeki yang tidak bisa tergantikan dengan apapun. Kesempatan bagi jamaah yang bisa melaksanakan ibadah haji ke tanah suci harus disyukuri.

"Bapak dan ibu merupakan orang yang beruntung bisa memiliki kesempatan ke tanah suci. Jutaan umat muslim bermimpi bisa sampai ke sana," papar Zukri.

Diterangkannya, dari 6 ribu warga Pelalawan yang sudah mendaftar ibadah haji, tahun ini hanya 141 orang yang berangkat setelah dua tahun Arab Saudi menutup ibadah haji karena Covid-19. Sehingga kesempatan untuk beribadah itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tidak boleh disia-siakan.

"Pokoknya ikuti semua rangkaian ibadahnya. Belanja bisa jugo, tapi buka itu prioritas. Harus banyak ibadah di sana," imbuh Zukri disambut taw para JCH.

Dalam seremoni pelepasan ini dihadiri oleh Bupati Zukri, Ketua DPRD Baharudin serta perwakilan Forkopimda lainnya. Beberapa perwakilan jemaah duduk didepan untuk menjalani tepung tawar dari Forkopimda serta melantunkan doa-doa dan harapan menjadi haji dan hajah yang mabrur.

Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan, Amri Juharza menyampaikan pemberangkatan JCH Pelalawan dilaksanakan pada 21 Juni pagi hari. Titik keberangkatan dari Mesjid Agung Ulul Azmi Pangkalan Kerinci menggunakan empat unit busa untuk membawa 141 JCH ke embarkasi antara Kota Pekanbaru.

"Berangkat ke Batam pada 22 Juni dan langsung berangkat ke Arab Saudi. Kita doakan semua persiapan lancar hingga sampai ke tanah suci," pungkas Mantan Camat Ukui ini.

( Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved