Breaking News:

Berita Riau

Omicron BA.4 dan BA.5 Belum Ditemukan di Riau Tapi Jangan Lengah,Gubri Minta Masyarakat Lakukan Ini

Omicron BA.4 dan BA.5 belum ditemukan di Riau tapi jangan lengah, Gubri minta masyarakat lakukan vaksin dosis lengkap

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
Pixabay
Ilustrasi. Omicron BA.4 dan BA.5 Belum Ditemukan di Riau, Tapi Jangan Lengah, Gubri Minta Masyarakat Vaksin Dosis lengkap. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar juga terus mengimbau masyarakat agar dapat segera lengkapi dosis vaksinasi mereka. Hal ini ditegaskan Gubri menyusul ditemukanya Subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5, meski belum ada ditemukan di Riau.

Subvarian tersebut diketahui memiliki tingkat kesakitan rendah pada pasien yang terkonfirmasi positif. Subvarian Omicron tersebut telah terdeteksi di Indonesia.

Ada 4 kasus subvarian baru BA.4 dan BA.5 pertama yang dilaporkan di Indonesia pada 6 Juni 2022.

Di mana 4 kasus itu terdiri dari 1 orang positif BA.4 seorang WNI dengan kondisi klinis tidak bergejala serta vaksinasi sudah dua kali. Sisanya 3 orang kasus positif BA.5.

"Saya imbau masyarakat untuk tetap disiplin prokes jika di dalam ruangan tertutup dan segera vaksinasi, baik dosis I, II maupun booster untuk pencegahan," kata Gubri, Selasa (14/6/2022).

Selain itu, Gubri juga meminta Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk kembali membuka tempat-tempat vaksin supaya masyarakat yang belum melakukan vaksin booster bisa divaksin.

"Saya sudah minta kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, untuk kembali membuka tempat-tempat vaksin, supaya nanti masyarakat kita yang mau vaksin booster bisa divaksin," ujarnya.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Riau, dr H Surya Hajar Fitria Dana mengatakan, Subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 sejauh ini belum terdeteksi di Provinsi Riau.

"Sejauh ini pantauan kita belum ditemukan subvarian Omicron pasien Covid-19 di Riau," katanya.

Meski belum ditemukan kasus subvarian Omicron tersebut, namun masyarakat Riau diminta untuk waspada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

"Kuncinya prokes. Kalau kita tetap Prokes, misalnya di dalam ruang tetap menggunakan masker, Insya Allah penularan bisa dicegah," ujarnya.

Lebih lanjut Surya Hajar menerangkan perkembangan Covid-19 di Riau.

Di mana selama enam hari di Riau tidak terdapat penambahan kasus harian.

"Ini artinya kasus di Riau sudah jauh menurun. Bahkan saat ini tidak ada satupun pasien yang dirawat di rumah sakit. Rata-rata pasien di Riau bergejala ringan dan melakukan isolasi mandiri di rumah," katanya.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgio )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved