Breaking News:

Berita Bengkalis

Kasus PMK di Bengkalis Berasal Dari Sapi Luar Daerah, Pemkab Bakal Awasi Sapi Terpapar

Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perternakan Bengkalis memastikan 86 ekor hewan ternak yang terserang PMK di Mandau murni datang dari luar

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: CandraDani
Istimewa
Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Pelalawan, Riau mengaktifkan posko pemantau ternak di perbatasan yang menjadi pintu masuk ke Pelalawan, Selasa (14/6/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Hewan ternak sapi di Bengkalis yang menunjukan gejala klinis terserang penyakit mulut dan kuku (PMK) hingga saat ini tercatat sebanyak 86 ekor. Seluruh hewan ternak yang terserang PMK ini berada di Kecamatan Mandau.

Hal ini diungkap H Mardani Kepala Seksi Kesehatan Hewan Bidang Peternakan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perternakan Bengkalis, Kamis (16/6) siang.

Menurut dia hewan ternak yang terpapar PMK ini berada dalam satu lokasi peternakan di Mandau.

"Sapi yang terpapar PMK ini sebenarnya sapi yang berasal dari luar Bengkalis, bisa dibilang kasus PMK yang ditemukan ini impor cases karena sapi tersebut datang dari luar Bengkalis bukan sapi tempatan," tambahnya.

Menurut dia, saat itu peternak mendatangkan sapi dari luar Bengkalis, namun masih wilayah Sumatera tetapi merupakan wilayah yang sudah terpapar PMK.

Saat sampai di Bengkalis sapi ini menunjukkan gejala klinis PMK.

"Kita mendapatkan gejala ini langsung melakukan pengambilan sampel untuk memastikannya. Waktu itu hanya tiga sampel yang kita ambil dan kirimkan ke laboratorium, hasilnya ternyata sampel yang diambil ternyata positif PMK," Tambahnya.

Dari hasil ini kemudian pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap sapi satu kandang dengan yang positif ini. Hasilnya sebanyak 86 sapi ternak juga positif.

Seluruh sapi yang terpapar PMK sudah menjalani pengobatan dari Puskeswan Kecamatan Mandau.

Bahkan sebagian sudah ada dinyatakan sembuh.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved