Breaking News:

Berita Dumai

Sebanyak 12.000 Bibit Gurami Ditebar untuk Kelompok Tani Sri Gemilang di Kota Dumai

Penaburan 12 ribu benih gurami merupakan salah satu bentuk kolaborasi pihak swasta dalam pengelolaan kegiatan budidaya perikanan di Kota Dumai.

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: CandraDani
Tribunpekanbaru/Doni Kusuma
Penebaran benih bibit Gurami pada Kelompok Tani Sri Gemilang di Jalan Garuda, Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan, Selasa (21/6/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI -  Asisten III bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Dumai, Muhammad Syafei, mewakili Wali Kota Dumai menghadiri penebaran benih bibit Gurami pada Kelompok Tani Sri Gemilang binaan Pertamina Gas Operation Dumai Area (Pertagas ODA), bertempat di Jalan Garuda, Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan, Selasa (21/6/2022).

Penebaran benih bibit Gurami sebanyak 12 ribu ekor ini dilaksaksanan pada acara yang diinisiasi bersama mitra pelaksana Lembaga Amil Zakat Madani Human Care (LAZ MHC).

Asisten III Administrasi Umum Setdako Dumai, Syafei mengatakan bahwa pemerintah, melalui Dinas Perikanan akan terus berusaha merangkul kelompok-kelompok pembudidaya ikan.

Tak hanya itu selain penebaran benih bibit Gurami, pihaknya juga akan memberikan penyuluhan dan berusaha keras agar kendala yang dihadapi dapat ditanggulangi.

"Atas nama Pemko Dumai, saya mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pertagas ODA dan LAZ MHC selaku mitra pelaksana, berkat bantuan yang diberikan, sekiranya dapat meningkatkan produksi Kelompok Tani Sri Gemilang," sebutnya.

Menurutnya, penyerahan bantuan pada penebaran benih bibit Gurami ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi pihak swasta dalam pengembangan dan pengelolaan kegiatan budidaya perikanan di Kota Dumai.

"Bantuan ini juga sebagai bentuk support agar Kelompok Tani mampu terus berproduksi serta sebagai bentuk motivasi agar produk yang dihasilkan lebih baik, lebih banyak dan sekaligus berkualitas," imbuhnya

Syafei berharap kepada Kelompok Tani Sri Gemilang untuk lebih giat lagi dalam berproduksi semoga bantuan ini bermanfaat dan menjadi contoh hendaknya bagi pembudidaya lainnya. ‎

Sementara, Andry Nurcahyo selaku perwakilan Manager Pertagas ODA mengungkapkan bahwa bantuan bibit tersebut merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan Pertagas ODA Tahun 2022 untuk Kelompok Tani Sri Gemilang.

"Ditahun ini kita memberikan support kepada kelompok usaha tani untuk pembangunan saung sebagai tempat pelatihan kelompok, penaburan benih gurami sebanyak 12.000 ekor, dan nantinya kita akan bangun rumah kompos untuk menekan biaya kebutuhan pupuk bagi Kelompok Usaha Tani Sri Gemilang Bumi Ayu," ungkapnya

Sebelumnya, Direktur LAZ MHC Dzikri Hanafi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk project kerja sama program CSR Pertagas ODA bersama MHC sebagai mitra pelaksananya.

"MHC selain melaksanakan operational mitra kerja sama, program utamanya ialah mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat Kota Dumai khususnya bergabung menjadi donatur MHC, sehingga kedepan bisa membuat kegiatan serupa untuk kelompok tani lainnya, artinya stimulan-stimulan ini untuk memajukan dan menjayakan masyarakat melalui kelompok tani yang membudidaya dan mandiri," pungkasnya.(*)

(Tribunpekanbaru.com/dony kusuma putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved