Breaking News:

Berita Dumai

Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Dumai Tegah 50 Ribu Bungkus, Disembunyikan di Makanan, Negara Rugi

dalam operasi gempur rokok ilegal Bea Cukai Dumai mengamankan rokok yang tidak dilengkapi pita cukai sebanyak 100 karton atau 50 ribu bungkus

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/DONNY KUSUMA PUTRA
Plt Kepala Bea Cukai Dumai memperlihatkan barang bukti rokok ilegal, Rabu (22/6/2022).Bea Cukai Dumai tegah 50 ribu bungkus rokok ilegal yang disembunyikan di tumpukan makanan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Dumai berhasil menegah dan mengamankan Barang Kena Cukai (BKC) ilegal di Jalan Merdeka Kelurahan Kecamatan Dumai Kota, Riau, Selasa (14/6/2022).

Plt Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Dumai Bambang Sukoco didampingi sejumlah staf mengungkapkan, pihaknya berhasil melakukan penegahan Barang Kena Cukai (BKC).

Penegahan BKC jenis rokok ilegal ini berhasil dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat.

Selanjutnya, dalam operasi gempur rokok ilegal Bea Cukai Dumai mengamankan rokok yang tidak dilengkapi pita cukai sebanyak 100 karton atau 50 ribu bungkus, atau sekitar 1 juta batang.

"Akibat kegiatan ilegal rokok tanpa cukai tersebut negara dirugikan sebesar Rp801.785.000," katanya, Rabu (22/6/2022).

Lebih lanjut dijelaskan Bambang, Bea Cukai Dumai melakukan penegahan BKC ilegal yang diangkut menggunakan truk colf diesel nomor polisi BA 8698 MU.

BKC ditemukan tersembunyi di tumpukan kardus makanan kaleng.

"Jadi modusnya, menyembunyikan rokok ilegal di tumpukan kardus makanan kaleng," jelasnya.

Bambang menerangkan, penegahan barang berupa BKC rokok ilegal merk Luffman tersebut diamankan karena tidak dilengkapi pita cukai dengan menggunakan sarana pengangkut truk cold diesel.

"Kita menerima informasi dari masyarakat pada pukul 17.00 WIB Selasa (14/6/2022) tim penindakan dan pengawasan KPPBC TMP B Dumai menurunkan tim surveillance untuk memastikan informasi yang dimaksud," terangnya

Diakuinya, sekitar pukul 17.45 kendaraan yang digunakan mengangkut rokok illegal yang tidak dilengkapi pita cukai tersebut terpantau oleh tim berada di lokasi yang diinfromasikan.

Tidak lama setelah itu tim, tambahnya, penindakan melakukan pemeriksaan terhadap truk tersebut dan didapatkan rokok ilegal merek Luffman tanpa dilekati pita cukai.

"Truk beserta barang bukti dibawa ke KPPBC TMP B Dumai untuk pemeriksaan lebih lanjut," sebutnya

Bambang menerangkan, Operasi gempur rokok ilegal ini merupakan salah satu upaya Bea dan Cukai dalam mengoptimalkan cukai sebagai instrument fiskal dalam pengendalian barang kena cukai sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Diharapkan dengan operasi gempur rokok ilegal ini dapat memberantas peredaran rokok ilegal yang merugikan negara dari sisi potensi penerimaan negara maupun melindungi masyarakat dari bahaya rokok ilegal sesuai fungsi Bea Cukai sebagai community protector.

"Kami mengimbau pada masyarakat yang melihat aktivitas peredaran rokok ilegal menyampaikan ke petugas Bea Cukai Dumai," pungkasnya.

( Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Putra )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved