Breaking News:

Tak Berontak Dielus, Rusa Liar jadi Jinak, Diberi Susu Bak Hewan Peliharaan, Tim Karhutla Heran

Rusa liar yang dipelihara sejak kecil jadi jinak dan tak berontak saat dielus tim patroli karhutla di Rohul Riau

Penulis: Syahrul | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Rusa liar yang dipelihara warga bernama Dedi sejak setahun tujuh bulan belakangan jadi jinak dan tak takut dengan manusia. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Rusa liar yang dipelihara sejak kecil jadi jinak dan tak berontak saat tim patroli karhutla dari TNI, Polri dan BPBD Rohul mengelus bergantian.
Ketika tengah berkeliling dengan berjalan kaki untuk patroli karhutla, Rabu (22/6/2022), tim gabungan sempat heran saat menemukan rusa di kawasan perkebunan di Dusun Sei Bungo, Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Rokan Hulu (Rohul).

Rusa itu cukup besar dan sudah bertanduk.

Ternyata saat didekati rusa sangat jinak terhadap tim gabungan.

Rusa jinak tak berontak saat dielus petugas gabungan yang melakukan patroli karhutla di kawasan Rambah, Riau.
Rusa jinak tak berontak saat dielus petugas gabungan yang melakukan patroli karhutla di kawasan Rambah, Riau. (ISTIMEWA)

Tim sempat berbincang dengan seorang warga bernama Dedi (32) warga setempat yang sedang membersihkan kebun.

Babinsa Koramil 02 Rambah Peltu M Yakfi mengatakan, bahwa rusa jinak itu dipelihara oleh Dedi setelah ditemukan di tengah hutan sekitar hampir dua tahun lalu.

"Rusanya itu tingginya sekitar satu meter dengan panjang sekitar satu setengah meter. Lumayan besar bagi kami yang jarang melihat rusa secara langsung," kata Yakfi.

Dilanjutkan Yakfi, oleh Dedi, rusa jinak itu kemudian diberi nama Jaka.

Rusa jinak itu juga dia rawat dengan baik, mulai dari memandikan, membersihkan dan sebagai macam kegiatan memelihara layaknya hewan peliharaan.

Kepada Babinsa, Dedi mengatakan, dia berharap agar rusa jinak itu dapat terus dipeliharanya di tempat tinggalnya tersebut.

"Warga ini mengaku, sudah memelihara sejak menemukan rusa itu sekitar satu tahun tujuh bulan lalu di kawasan hutan," beber Yakfi kemudian.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved