Breaking News:

Berita Riau

Cara Pilih Hewan Kurban Sehat, Pastikan Punya Surat Ini, Gubernur Riau Ingatkan Warga Jangan Salah

Gubernur Riau Syamsuar mengingatkan masyarakat Riau yang ingin melaksanakan ibadah hewan kurban, agar hati-hati saat membeli hewan kurban

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Ilustrasi hewan kurban.Gubernur Riau ingatkan warga jangan salah pilih saat membeli hewan kurban. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hari Raya Idul Adha di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) membuat umat muslim harus berhati-hati dalam memilih hewan ternak yang akan dijadikan kurban.

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengingat masyarakat Riau yang ingin melaksanakan ibadah hewan kurban, agar saat membeli hewan kurban harus disertai dengan bukti Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

"Bagi masyarakat Riau yang ingin melaksanakan ibadah kurban, mereka juga harus membeli sapi ataupun kerbau atau kambing yang jelas kesehatan hewannya,”kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar.

“Itu bisa dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter kesehatan hewan," imbuhnya usai melepas mobil siaga penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Halaman Gedung Daerah, Senin (27/6/2022).

Guna melayani masyarakat yang ingin mendapatkan hewan kurban yang sehat, Gubri menginstruksikan kepada seluruh tenaga kesehatan hewan atau dokter hewan yang ada di semua daerah se Provinsi Riau untuk dapat berperan aktif turun ke lapangan.

Turun ke masjid atau mushala untuk memberikan penyuluhan terkait kasus wabah Penyakit Mulut dan Kuku terhadap hewan seperti sapi, kerbau dan kambing.

"Supaya masyarakat paham terhadap apa itu wabah PMK dan lebih memperhatikan sapi yang akan dikurbankan," ujarnya.

Selain memberikan penyuluhan kepada masyarakat, para tenaga kesehatan hewan dan dokter hewan kuga diminta untuk dapat turun kelapangan mengecek sapi kurban di daerah masing-masing.

Langkah ini penting dilakukan untuk memastikan apakah hewan kurban di lingkungan sekitar terdampak wabah PMK atau tidak.

Ini juga untuk memastikan hewan kurban yang akan dibeli oleh masyarakat dalam keadaan sehat dengan memberikan surat keterangan sehat.

Apalagi, ungkap Gubri Syamsuar, syarat untuk melaksanakan ibadah hewan kurban salah satunya kondisi hewan tersebut sehat.

"Karena kalau hewan kurban sakit maka tidak bisa dilaksanakannya ibadah penyembelihan hewan kurban tersebut," ujarnya.

Berikut 5 tips cara memilih hewan kurban:

Hewan Ternak

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved