Breaking News:

Berita Bengkalis

JCH Bengkalis Kunjungi Pasar Kambing untuk Bayar Dam dan Laksanakan Umrah Sebelum Haji

JCH dari Kabupaten Bengkalis Riau yang tergabung dalam kloter 8 BTH mengunjungi pasar kambing untuk membayar dam atau denda

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
JCH Bengkalis tergabung dengan Kloter 8 BTH saat mengunjungi pasar kambing untuk memilih dan menyaksikan langsung hewan dam yang disembelih. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Para jemaah calon haji (JCH) dari Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam kloter 8 BTH mengunjungi pasar kambing untuk membayar dam atau denda.

Denda dengan cara menyembelih kambing ini dikenakan karena JCH Kabupaten Bengkalis dan Indonesia pada umumnya menyelenggarakan ibadah haji secara Tamattu’ yaitu umrah dulu baru berhaji.

Untuk melaksanakan kewajiban tersebut dan memastikan hewan yang disembelih, para JCH Kabupaten Bengkalis dan juga dari kabupaten lain yang tergabung dalam kloter 8 BTH, pada Senin pagi (27/6/2022) waktu setempat berkunjung ke pasar kambing.

Di sini mereka bisa memilih dan menyaksikan langsung hewan dam yang disembelih.

“Adapun dam yang harus dibayar untuk satu ekor kambing ini sebesar 400 riyal per orang,” ujar Ketua Rombongan I Kloter 8 BTH, Heri Pratikno.

Selain mengunjungi pasar kambing, para JCH juga ziarah ke beberapa tempat yang bersejarah dalam perjalanan Islam dan Rasulullah.

Diantaranya meninjau Jabal Tsur sebagai tempat permulaan sebelum Rasulullah melakukan hijrah ke Madinah. Kemudian Jabal Rahmah sebagai tempat bertemunya Nabi Adam dan Hawa.

Lalu melihat Jabal Nur dan Goa Hira dari kejauhan, melihat lokasi Arofah sebagai tempat dilaksanakannya wukuf nanti.

JCH juga meninjau Muzdalifah sebagai tempat Mabit atau bermalam setelah dari Arofah.

Serta meninjau Mina serta melihat dari kejauhan Jamarat tempat untuk melontar jumroh aqobah, ula dan wustho.

Tiba di Arab Saudi Langsung Laksanakan Umrah di Masjidil Haram

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved