Breaking News:

Opini

Membangun Pemahaman Masyarakat Terhadap Penerapan Online Single Submission Pada DPMPTSP Pekanbaru

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pekanbaru memiliki media untuk mengadukan permasalahan terkait pelayanan publik.

Editor: M Iqbal
istimewa
Resty Amalia, Mahasiswi Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Riau 

Membangun Pemahaman Masyarakat Terhadap Penerapan Online Single Submission (OSS) Pada DPMPTSP Kota Pekanbaru

Oleh : Resty Amalia

Mahasiswi Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Riau

DALAM rangka memberikan kemudahan dan kepastian waktu dalam proses perizinan berusaha terintegrasi, dan dengan disahkannya Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik untuk mendirikan perusahaan maupun untuk mendapatkan izin usaha, melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah meresmikan Online Single Submission (OSS) sebagai sistem yang mempermudah para pengusaha untuk mengurus perizinan.

Aplikasi OSS ini menyediakan fasilitas yang tepat kepada pelaku usaha untuk melakukan pelaporan sebagai solusi mengenai permasalah perizinan dan dapat terhubung dengan pihak terlibat guna memperoleh izin secara aman dan tepat waktu.

Dikarenakan pelaku usaha wajib memiliki izin usaha sesuai peraturan pemerinta Nomor 24 Tahun 2018, dokumen izin usaha yang ada di Indonesia berupa Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU),  Tanda Daftar Perusahaan (TDP),  Izin mendirikan Bangunan (IMB), Tanda Daftar Usaha Parawisata (TDUP), Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK)  dan sebagainya.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru memiliki beberapa media bagi masyarakat untuk mengadukan permasalahan yang terjadi terkait pelayanan publik.

Ada delapan platform atau wadah yang disediakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru untuk melaporkan permasalahan yang terjadi.

Masyarakat Kota pekanbaru merupakan masyarakat yang milenial yang sudah sangat paham dengan penggunaan sosial media, tentu ini akan memudahkan masyarakat dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru dalam memberikan laporan dan menerima laporan (Wulandari,2022).

Namun sayangnya, tidak banyak pula pelaku usaha paham akan penggunaan aplikasi tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved