Breaking News:

Berita Dumai

Tim Satgas PMK Perketat Lalu Lintas Hewan Ternak di Pintu Masuk Dumai

Antisipasi merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di kota Dumai, Pemerintah Kota Dumai membentuk Tim Satgas PMK.

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Antisipasi merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di kota Dumai, Pemerintah Kota Dumai mengambil kebijakan Penanganan Wabah PMK serta Kesiapan Hewan Kurban Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, dengan membentuk Tim Satgas PMK. Sekda pimpin rapat satgas pmk dumai, Rabu (29/6/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Antisipasi merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di kota Dumai, Pemerintah Kota Dumai mengambil kebijakan Penanganan Wabah PMK serta Kesiapan Hewan Kurban Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, dengan membentuk Tim Satgas PMK.

Pembentukan Tim Satgas PMK Dumai, sekaligus rapat pencegahaan penyebaran PMK di Dumai, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Indra Gunawan, didampingi Kepala DKPP Dumai, Kabag Ops Polres Dumai, dan stakeholder lainnya, pada Rabu (29/6/2022).

Setelah memimpin rapat, Sekda Dumai, Indra Gunawan mengungkapkan, Rapat bersama Forkopimda tentang Kebijakan Pemerintah Kota Dumai dalam mencegah PMK dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha 1443 H, sekaligus membentuk tim satgas PMK.

"Wabah PMK saat ini memang tengah menjadi isu nasional dan momok menjelang Hari Raya Idul Adha. Untuk itu, perlu upaya pencegahaan penyebaran PMK di Kota Dumai, apalagi daerah tetangga seperti di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis," katanya, Selasa (28/6/2022)

Indra menjelaskan, dalam melakukan pengendalian dan penanggulangan wabah PMK pada hewan ternak, tim satgas akan ditempatkan disetiap di check point atau pintu masuk Dumai, untuk melakukan, pengamatan, pengidentifikasian, pencegahan, pengamanan, pemberantasan dan pengobatan hewan yang masuk dari luar Dumai.

Lebih lanjut dijelaskannya, pengawasan secara optimal akan dilakukan, karena pihaknya telah membentuk posko-posko dipintu masuk, seperti Bukit Timah, Tol, Pelintung, Bukit Kapur, serta pintu masuk lainnya, yang mana setiap posko akan ada Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan PMK yang menjaga.

Indra berharap dengan telah dibentuknya Satgas Penanganan PMK di Kota Dumai, wabah PMK yang tengah marak ini dapat diatasi dengan lebih maksimal, sehingga peringatan hari raya qurban di Kota Dumai khususnya dapat berjalan dengan baik dan aman.

Diakuinya, menjelang Idul Adha, diprediksi hewan kurban dari luar daerah akan semakin banyak masuk ke Dumai, mengingat, kebutuhan akan hewan kurban di kota Dumai, diperkirakan berjumlah 2200 sedangkan hewan kurban yang sudah ada di kota Dumai, berjumlah 1700 ekor.

"Bakal masuk lagi sekitar 500 ekor hewan kurban dari luar Dumai, untuk itu timsatgas PMK akan bekerja keras untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban dari luar Dumai yang masuk ke Dumai ," imbuhnya

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Dumai Nurzerwan mengungkapkan, bahwa sejauh ini tidak ditemukan hewan ternak di Dumai yang terpapar PMK.

‎"Tim satgas PMK sudah terbentuk, dan nantinya tim melakukan tugasnya untuk mencegah PMK dikota Dumai, dan tim kesehatan hewan ternak akan melakukan pemeriksaan disetiap hewan kurban yang sudah masuk ke Dumai, menjelang penyembelihan hewan kurban," pungkasnya

(tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved