Breaking News:

Berita Riau

Tak Bisa Login, Puluhan Orang Tua Siswa Geruduk Kantor Disdik Riau Keluhkan PPDB SMA dan SMK Online

Terhitung ada 52 orang tua peserta didik geruduk ke Kantor Disdik Riau selama dua hari sejak PPDB SMA dan SMK online dibuka

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Puluhan orang tua calon siswa datangi posko pengaduan PPDB online di Kantor Disdik Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Puluhan orang tua calon siswa SMA ramai-ramai mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru, Rabu (29/6/2022).

Terhitung ada 52 orang tua peserta didik geruduk ke Kantor Disdik Riau selama dua hari sejak pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMA dan SMK negeri Provinsi Riau dibuka.

Mereka mengadu ke pokso pusat pengaduan PPDB online SMA dan SMK negeri Provinsi Riau untuk melaporkan kendalan dalam PPDB online SMA dan SMK negeri di Riau.

"Hari pertama dibuka ada 30 orang yang datang ke pusat pengaduan untuk melaporkan keluhan-keluhan terkait PPDBOnline,"kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdik Riau, M Job Kurniawan, Rabu (29/6/2022).

"Kemudian di hari kedua 22 orang menyampaikan pengaduan ke Disdik Riau. Untuk hari ketiga ini belum kita rekap," imbuhnya.

Job Kurniawan mengatakan, secara umum sejauh ini tak ada kendala berarti dalam pelaksanaan PPBD online SMA dan SMK di Provinsi Riau.

Namun dia mengakui masih banyak masyarakat yang mengeluhkan sulitnya masuk aplikasi pendaftaran secara online atau susah login.

"Rata-rata pengaduan yang kita terima terkait sulitnya login ke aplikasi PPDB online," ujarnya.

Job mengatakan, kendala ini terjadi bukan karena persoalan sistem, tapi karena Kartu Keluarga (KK) yang dimasukan dalam sistem belum sampai satu tahun, sehingga aplikasi tidak menerima.

Pengaduan lain yang pihaknya terima masyarakat masih mengeluhkan pendaftaran masih menunggu verifikasi.

Sebab setiap data pendaftaran yang masuk harus diverifikasi sekolah.

"Keluhan lain pendaftaran belum diverifikasi sekolah. Sebab setiap peserta yang daftar harus diverifikasi oleh sekolah," jelasnya.

"Kendala ini terjadi karena keterbatasan petugas, sedangkan data yang masuk cukup banyak," lanjutnya.

Seperti diketahui, sesuai jadwal pendaftaran PPDB online SMA dan SMK negeri di Riau resmi dibuka mula Senin (27/6/2022) hingga 1 Juli 2022 mendatang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved