Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Ibadah Haji Kembali Berjalan, Penjualan Oleh-oleh Haji Naik 60 Persen

Pemerintah Arab Saudi akhirnya membuka kembali pintu kedatangan jemaah luar negeri, termasuk dari Indonesia, untuk melaksanakan ibadah haji 1443 H/202

Penulis: Dodi Vladimir | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Arab Saudi akhirnya membuka kembali pintu kedatangan jemaah luar negeri, termasuk dari Indonesia, untuk melaksanakan ibadah haji 1443 H/2022 M.

Keputusan ini tentu saja berdampak besar tidak hanya pada kepastian keberangkatan jemaah namun juga industri seputar haji, terutama pengusaha oleh-oleh khas Timur Tengah.

Dampak positif ini dialami toko oleh-oleh haji dan umrah Arrafah di Jalan Bintara, Kelurahan Labuh Baru, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru.

Sempat mati suri akibat pandemi Covid-19, kini toko oleh-oleh kembali ramai pengunjung.

Dengan dibukanya kembali penyelenggaraan haji, Toko Arrafah dapat bangkit kembali menyediakan segala keperluan jemaah haji dan umroh yang kembali ke Tanah Air.

Kadri pemilik toko Arrafah mengaku jumlah pembeli meningkat hingga 60 persen setelah pemerintah Arab Saudi membuka kembali Ibadah Haji.

"Alhamdulillah setelah pemerintah Arab Saudi membuka kembali ibadah haji penjualan oleh-oleh haji meningkat hingga 60 persen," ujar Kadri kepada Tribun Pekanbaru, Senin (4/7/2022).

Kadri mengaku pembeli datang dari berbagai Kabupaten di Provinsi Riau seperti dari Kabupaten Kampar, Rokan Hulu ,Rokan Hilir dan Kabupaten Siak.

Pelanggan yang datang merupakan calon jamaah haji yang memesan sebelum keberangkatan ibadah haji.

Di tokonya itu Kadri menjual berbagai makanan dan pernak-pernik haji seperti kurma, air zam zam, coklat, kismis dan perlengkapan shalat.

Kadri mengatakan para calon jemaah haji banyak mencari kurma dan air Zam-zam sebagai oleh-oleh.

"Kurma dan air Zam-zam yang banyak dicari oleh jemaah haji karena untuk oleh-oleh sebab dari Arab Saudi bawaan barang mereka terbatas," ungkap Kadri.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved