Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Mahasiswa UIR Turun ke Jalan Tuntut Stabilkan Harga TBS Sawit di Riau

Mahasiswa meminta DPRD Provinsi Riau menegaskan Permentan nomor 1 tahun 2018 (Peraturan yang mengatur pembelian harga TBS)

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Puluhan mahasiswa pertanian Universitas Islam Riau ( UIR) melakukan aksi demo di depan gedung DPRD Riau Kamis (7/7/2022), mereka menuntut agar pemerintah segera menstabilkan harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit yang mencekik masyarakat.

Mahasiswa ini menyampaikan orasi mereka dan membentangkan spanduk bertuliskan permintaan stabilkan harga TBS di tanah air.

Mahasiswa meminta DPRD Provinsi Riau menegaskan Permentan nomor 1 tahun 2018 (Peraturan yang mengatur pembelian harga TBS).

Meminta solusi pemerintah provinsi Riau terkait anjlok nya harga sawit.

Mahasiswa juga meminta pemerintah provinsi riau mengawal dan memonitoring secara rutin pembelian Tandan Buah Segar (TBS) sesuai surat edaran nomor 144/KB.310/M/6/2022 yang dikeluarkan oleh menteri pertanian.

"Kami meminta DPRD Provinsi Riau mendorong kepala daerah Provinsi Riau membentuk atau menguatkan kelembagaan pekebun dan fasilitasi kemitraan atau kerjasama kelembagaan pekebun dengan PKS,"ujar Gubernur Pertanian UIR Kiki Alamsyah membacakan tuntutannya.

Pihaknya tidak ingin sampai banyak mahasiswa di Riau terancam kuliahnya akibat anjloknya harga TBS tersebut, karena memang saat ini sudah mulai dirasakan dampaknya oleh masyarakat terutama keluarga petani sawit.

"Jangan sampai penderitaan rakyat ini makin parah, jangan sampai kuliah mahasiswa berhenti akibat anjloknya harga sawit,"ujar Kiki Alamsyah.

Wakil ketua DPRD Riau Syafaruddin Poti didampingi anggota DPRD Riau dari PDI Perjuangan langsung menemui puluhan mahasiswa tersebut dan menerima tuntutan mahasiswa.

"Tentu permasalahan ini akan kami teruskan sebagaimana fungsi kami sebagai wakil rakyat,"ujar Syafaruddin Poti.

(tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved