Breaking News:

Berita Siak

Dokter Hewan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban, Jumlah Sementara di Kabupaten Siak 3.727 Ekor

Pemerintah dan masyarakat kabupaten Siak melaksanakan salat hari raya Idul Adha 1443 H pada Minggu (10/7/2022).

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Kepala Diskannak Siak Drh Susilawati (coklat) memeriksa daging hewan kurban di musala kompleks Pemda Siak, Minggu (10/7/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pemerintah dan masyarakat kabupaten Siak melaksanakan salat hari raya Idul Adha 1443 H pada Minggu (10/7/2022).

Masyarakat memadati lapangan dan masjid untuk ikut dalam pelaksanaan salat hari raya haji tersebut.

Usai dilaksanakannya salat Ied, rata-rata panitia kurban di masjid atau musala langsung melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Bupati Siak Alfedri sendiri ikut berkurban di Masjid Alalim, Kampung Rempak, Kecamatan Siak. Ia juga ikut hadir pada saat penyembelihan hewan kurban di sana.

Sebelum jatuhnya hari pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Siak telah menurunkan tim yang terdiri dari dokter hewan dan para medis untuk memeriksa hewan kurban.

Pemeriksaan ini disebut dengan pemeriksaan antemortem.

“Pada pemeriksaan antemortem kita mendapati semua hewan kurban baik, memenuhi syarat dan tidak terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau penyakit menular lainnya,” kata Kepala Disnakkan Siak Drh Susilawati kepada Tribunpekanbaru.com.

Usai pelaksanaan salat Ied, Susilawati dan tim yang telah dibentuk kembali turun ke lokasi-lokasi penyembelihan hewan kurban.

Susilawati sendiri turun ke Masjid Alalim, memeriksa hewan kurban baik sebelum disembelih maupun setelah disembelih. Pemeriksaan setelah disembelih disebut pemeriksaan postmortem.

“Kita menurunkan tim di semua kecamatan untuk aktif melakukan pemeriksaan setelah penyembelihan (postmortem), supaya jika terdapat penyakit dan cacing pada daging agar panitia bisa membuang hal tersebut,” kata Susilawati.

Selain melakukan pemeriksaan pihaknya juga mendata jumlah hewan kurban.

Dari data yang disampaikannya, jumlah hewan kurban pada hari pertama hari raya Idul Adha 1443 H ini mencapai 3.727 ekor.

Dari jumlah tersebut, jenis hewan yang paling banyak disembelih di Siak adalah sapi mencapai 2.851 ekor. Kemudian kambing dan domba sebanyak 773 ekor dan kerbau sebanyak 103 ekor.

“Data ini kita update pada Minggu (10/7/2022) pukul 17.00 WIB. Untuk 3 hari ke depan masih memungkinkan adanya penambahan, sehingga total akhir dapat kita sampaikan pada hari tasyrik terakhir nanti,” kata dia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved