Breaking News:

Berita Riau

Tiket Pesawat Mahal, Asita Riau Minta Menteri Perhubungan Tak Lepas Tangan

Asita Riau meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak lepas tangan dari kondisi tiket pesawat yang mahal

Penulis: Alex | Editor: Nurul Qomariah
Pixabay
Ilustrasi.Tiket pesawat mahal, ASITA Riau minta Menteri Perhubungan tak lepas tangan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pihak Pengusaha pariwisata dari Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Riau meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak lepas tangan dari kondisi tiket pesawat yang mahal.

Ketua Asita Riau Dede Firmansyah mengatakan harga tiket tidak berubah signifikan saat ini, contohnya rute Pekanbaru-Jakarta yang masih Rp1 jutaan, dan untuk periode Agustus 2022 di harga Rp950.000 lebih.

Ketua DPD ASITA Riau, Dede Firmansyah mengatakan gairah bisnis tour and travel di Riau menggeliat usai penerbangan internasional dibuka lagi
Ketua DPD ASITA Riau, Dede Firmansyah. (ISTIMEWA)

Bukan hanya dalam negeri, tiket ke luar negeri atau rute internasional yang ke Jakarta saja lebih mahal dari pada ke Bangkok, ini harus juga menjadi perhatian khusus pemerintah

"Saat ini tiket pesawat masih mahal, permasalahannya sekarang pihak Kementerian Perhubungan, Menhub Budi Karya Sumadi seperti lepas tangan. Dari pernyataannya bahwa kondisi saat ini karena hukum ekonomi dan permintaan banyak, penerbangan biasanya beroperasi 500-an pesawat, sekarang 350-an pesawat," kata Dede, Senin (11/7/2022).

Ia menilai jawaban Menhub kurang tepat apabila dilihat sebagai menteri atau seseorang yang bisa melakukan dan memutuskan sebuah kebijakan.

Namun sisi lain, ia menilai Menparekraf Sandiaga Uno kini terus pusing melihat harga tiket pesawat yang mahal.

Sehingga terlihat di antara Menteri Jokowi saja tidak seirama soal masalah tiket mahal tersebut.

"Kami dari Asita berharap kepada pemerintah agar bisa berpikir realistis terhadap maskapai yang membuat kebijakan kenaikan harga sepihak, seolah-olah kami di Asita ini Biro Perjalanan Wisata bukan mitra bagi mereka," tuturnya.

Sambut Baik Penerbangan Internasional Bandara SSK II Dibuka Lagi

Bandara SSK II Pekanbaru Belum Layani PCR Test dan Rapid Test Antigen, Apa Itu Rapid Test Antigen? Foto: Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru atau Bandara SSK II Pekanbaru
Bandara SSK II Pekanbaru kembali buka penerbangan internasional. (Dokumen Tribun Pekanbaru)

Sebelumnya, Ketua Asita Riau Dede Firmansyah menyambut baik dibukanya Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru untuk penerbangan luar negeri.

“Kita mengucapkan syukur atas dibuka kembali penerbangan internasional dari Bandara SSK II. Keputusan ini memang yang kita tunggu-tunggu sejak lama,” ujar Ketua DPD Asita Riau, Dede Firmansyah

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved