Breaking News:

DPRD Pekanbaru

DPRD Pekanbaru Minta PUPR Awasi Ketat Pembangunan Demi Atasi Banjir

DPRD Pekanbaru meminta Dinas PUPR untuk mengawasi pembangunan secara ketat demi mengtasi banjir di kota ini.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
TRIBUNPEKANBARU.COM/DODI VLADIMIR
DPRD Pekanbaru meminta Dinas PUPR untuk mengawasi pembangunan secara ketat demi mengtasi banjir di kota ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - DPRD Pekanbaru meminta Dinas PUPR untuk mengawasi pembangunan secara ketat demi mengtasi banjir di kota ini.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun secara bertahap memerintahkan Dinas PUPR, untuk mengatasi banjir di Kota Pekanbaru.

Setidaknya, langkah yang sudah dilakukan, dengan membersihkan setiap drainase, khusus di tepi jalan raya, plus menormalisasi sungai.

Namun langkah mengatasi banjir, tk cukup sampai di situ.

Komisi IV DPRD Pekanbaru, yang membidangi masalah ini, sejak lama mengingatkan Dinas PUPR dan OPD terkait lainnya, agar mencari akar permasalahan ini.

Utamanya, dengan mengawasi setiap pembangunan di kota ini. Sebab, dengan terkesan bebasnya pembangunan, maka langkah Pemko Pekanbaru dalam mengatasi banjir, dinilai tidak bisa berjalan dengan sempurna.

Sebagai contoh saat ini, sebanyak apapun dilakukan normalisasi sungai dalam rangka meminimalisir titik banjir, namun jika aliran air dan drainase tidak dibereskan, maka terkesan sia-sia.

"Sebenarnya ini sudah lama kita suarakan. Tapi tak direspon. Sekarang PUPR baru mau bongkar bangunan yang menutup drainase. Kok baru sekarang, kemarin kenapa tak dilaksanakan," tanya Anggota DPRD Pekanbaru Robin Eduar SE MH, kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (12/7/2022).

Politisi PDI-P ini mengapresiasi langkah PUPR, meski baru sekarang bergerak mencari titik-titik yang menyebabkan banjir. Hanya saja, diharapkan PUPR tidak berhenti sampai di bangunan yang menutup drainase, yang dibongkar saja.

Lebih dari itu, Dinas PUPR bersama Camat dan Lurah setempat, memastikan setiap jembatan atau gorong-gorong yang dibangun, tak boleh menjulur ke bibir jalan. Kemudian, setiap bangunan di pinggir jalan umum, wajib membereskan paritnya, dengan menyiapkan bak kontrol.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved