Breaking News:

Berita Rohul

Karhutla di Rohul, 80 Ha Lahan di Rambah Berhasil Dijinakkan

Setelah melalui proses pemadaman dan pendinginan, akhirnya Karhutla di Rohul berhasil dipadamkan.

Penulis: Syahrul | Editor: Ariestia
Istimewa
Tim Gabungan karhutla TNI, Polri dan BPBD Rokan Hulu melakukan pemasangan papan sosialisasi di kawasan rawan kebakaran lahan dan hutan di Rambah dan sekitarnya. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Setelah melalui proses pemadaman dan pendinginan, akhirnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Rokan Hulu (Rohul) berhasil dijinakkan pada Senin (11/7/2022) menjelang malam.

Pada Selasa (12/7/2022), tim gabungan karhutla Rokan Hulu masih melakukan patroli dan sosialisasi di kawasan terbakar tersebut.

Kapolsek Rambah Iptu Syafruddun menjelaskan, Tim Gabungan TNI, Polri dan BPBD Rokan Hulu masih melakukan patroli dan sosialisasi di lapangan.

"Kebakaran kemarin itu terjadi sejak Sabtu (9/7) dan akhirnya berhasil dipadamkan pada Senin dengan cara manual menggunakan ranting kayu," kata Kapolsek.

"Teknik memadamkan tersebut kami lakukan mengingat kondisi lahan yang di dominasi mineral dan bukan gambut," tambahnya.

Sekurang-kurangnya, kata Kapolsek, luasan lahan terbakar itu mencapai angka 80 hektar dengan kondisi alam berupa perbukitan.

Dia mengimbau kepada masyarakat, agar tidak melakukan pembakaran lahan dalam membuka maupun membersihkan lokasi yang akan dijadikan perladangan.

Bukan tanpa alasan, dia menyebut, pola seperti itu tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, tapi juga bagi lingkungan juga turut mengalami dampak kerusakan akibat kebakaran.

Terpisah, Babinsa Koramil 02 Rambah Serda Dedy Nofery Samosir menjelaskan, pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama dan bukan hanya tugas TNI Polri dan BPBD.

"Masyarakat kita ajak berperan aktif untuk mencegah Karhutla, mari secara bersama kita cegah Karhutla di Kabupaten Rokan Hulu," tutupnya.

Sebelumnya, petugas gabungan TNI Polri bersama BPBD Rohul telah melakukan pemadaman dan pendinginan Karlahut. Saat ini, di atas lahan itu petugas telah memasang plang pemberitahuan bahwa areal tersebut dalam penyelidikan Polsek Rambah. (Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved