Breaking News:

Berita Rohul

Belajar Budaya Melayu di Megahnya Istana Raja Rokan di Rokan IV Koto

Di antara gugusan Bukit Barisan, tak jauh dari Sungai Rokan berdiri sebuah kompleks bangunan kerajaan, Istana Raja Rokan di Rokan IV Koto, Rohul.

Penulis: Syahrul | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan
Bangunan megah Istana Raja Rokan masih berdiri anggun di Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatn Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Di antara gugusan Bukit Barisan, tak jauh dari Sungai Rokan berdiri sebuah kompleks bangunan kerajaan, Istana Raja Rokan di Rokan IV Koto, Rohul.

Bangunan istana dengan konsep bangunan panggung itu berdiri di pinggir jalan lintas jika ingin menuju Pasaman, Sumatera Barat melalui Lubuk Bendahara di Ujung Batu.

Kerajaan tersebut menjadi simbol bagi kebangkitan masyarakat Melayu di Rokan Hulu.

Namanya, adalah Kerajaan Rokan yang diperkirakan berdiri sejak 1600-an.

Sekarang, kompleks bangunan istana beserta bangunan pelengkap lainnya itu masih lestari dan berlokasi di Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto.

Seorang tokoh masyarakat Rokan IV Koto Samsiani dalam sebuah kesempatan pernah menjelaskan sejarah singkat Istana Raja Rokan yang dahulu bernama Rokan Tinggi.

"Dulu, Kerajaan Rokan itu berdiri di seberang Sungai Rokan Kiri. Namanya Rokan Tinggi. Raja pertamanya yang di jemput dari Pagaruyung pada 1600-an bergelar Sutan Ibrahhim," kata dia.

Bangunan megah Istana Raja Rokan masih berdiri anggun di Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatn Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu.
Bangunan megah Istana Raja Rokan masih berdiri anggun di Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatn Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. (Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan)

"Nah, Raja Kedua setelah itu baru pindah ke lokasi sekarang dan membuat kampung," tambah dia.

Dia melanjutkan, kawasan berdirinya Kerajaan Rokan itu dahulunya di dominasi oleh air dan sangat jarang adanya daratan.

Sekira enam kilometer ke hilir, ada negeri bernama Sitinjau Laut, pada masa itu kawasan tersebut merupakan kampung dengan dataran tinggi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved