Breaking News:

Riau Darurat PMK

Meski Riau Darurat PMK, Dumai Nihil Kasus, Tim Satgas PMK Gencar Lakukan Pencegahan

PMK terhadap hewan ternak hingga Jumat (15/7/2022) tak ditemui di Kota Dumai walau Riau telah ditetapkan status darurat siaga PMK

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Tim Satgas PMK Dumai melakukan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan di kandang ternak. Dumai nihil kasus PMK meski Riau sudah resmi ditetapkan darurat PMK. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak hingga Jumat (15/7/2022) tak ditemui di Kota Dumai walau Riau telah ditetapkan status darurat siaga PMK.

PMK menyerang hewan ternak berkuku genap atau belah seperti sapi, kerbau, domba, kambing dan lainnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai Nurzerwan melalui Kasi Kesehatan Hewan, drh Rizqi Munarok memastikan bahwa Dumai masih aman dari PMK.

Ia mengungkapkan bahwa hingga saat ini Tim Satgas PMK terus mengawasi hewan ternak.

Serta memperketat terhadap lalu lintas keluar masuk hewan berkuku genap atau belah yang sangat rentan terhadap PMK.

"Apalagi Provinsi Riau sudah menetapkan status darurat, jadi kita mengikut Provinsi Riau, karena 6 kabupaten kota sudah terjadi penyebaran atau wabah PMK, meskipun di Dumai tidak ditemukan," katanya.

Ditegaskannya, hingga saat ini Pemerintah Kota Dumai, tidak menemukan penyebaran PMK terhadap hewan ternak.

" Berdasarkan hasil laporan tenaga kesehatan yang turun ke lapangan untuk memonitoring hewan ternak yang ada di Kota Dumai, tidak ditemukan hewan ternak berkuku genap atau belah yang bergejala klinis penyakit PMK," sebutnya.

Rizqi menerangkan, langkah pencegahan yang pihaknya lakukan yakni gencar melakukan penyemprotan disinfektan di kandang kandang hewan ternak, sekaligus melakukan monitoring kesehatan hewan.

Bukan hanya itu saja, tambahnya, Tim Satgas PMK Dumai, juga gencar melakukan pengambilan sampel untuk memastikan bahwa hewan ternak berkuku belah aman dari PMK.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved