Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Pasokan Kosong, Puskesmas Harapan Raya Tidak Bisa Layani Vaksin Booster

Pihaknya sudah mengajukan permintaan untuk pasokan tambahan. "Iya kita memberi hanya sesuai ketersediaannya saja," papar Dokter Kordinator

Penulis: Fernando | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Masyarakat sudah tiga pekan bisa mengakses layanan suntikan vaksin booster covid-19 di Puskesmas Harapan Raya, Kota Pekanbaru.

Mereka tidak bisa memberikan layanan suntik vaksin karena belum mendapat pasokan dosis vaksin.

Pihaknya sudah mengajukan permintaan untuk pasokan tambahan.

"Iya kita memberi hanya sesuai ketersediaannya saja," papar Dokter Kordinator Vaksin Puskemas, Harapan Raya, Neilul, Kamis (14/7/2022).

Pihaknya baru bakal memulai untuk memberi vaksin booster. Ia mengatakan bahwa pada Juni 2022 lalu pihaknya sempat mengalami penurunan jumlah masyarakat yang suntik vaksin booster.

Dirinya mengatakan bahwa satu hari hanya 30 orang. Ia mengaku capaian vaksin booster di puskemas itu masih kurang.

Wanita berkerudung mengatakan bahwa pada bulan Mei cukup banyak masyatakat yang datang untuk vaksin booster. Jumlahnya mencapai 60 orang dalam sehari.

"Ada di antaranya memang butuh, untuk perjalanan dan pekerjaan," ulasnya.

Pihak puskesmas melayani vaksin pertama, vaksin kedua dan vaksin booster. Ia menyebut bahwa masyarakat bisa mendapat suntikan vaksin booster setelah tiga bulan mendapat vaksin dosis kedua.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengaku sudah menerima tambahan dosis vaksin. Namun jumlah dosis vaksin yang datang di Instalasi Farmasi Kesehatan Pekanbaru tidak banyak.

Jumlahnya cuma berkisar 9.394 dosis vaksin. Ada dua jenis vaksin yang baru datang yakni Pfizer dan Coronavac.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy mengatakan bahwa vaksin jenis Pfizer datang sebanyak 9.204 dosis. Sedangkan untuk jenis coronavac sebanyak 190 dosis.

"Kita sudah menerima dosis tambahan, namun jumlahnya terbatas," paparnya.

Zaini mengatakan bahwa pihaknya segera mendistribusikan dosis vaksin ke lokasi yang terdapat permintaan vaksin. Mereka fokus mendistribusikan vaksin bagi anak dan dosis vaksin booster.

"Dosis ini tidak cuma untuk mendukung vaksinasi anak dan vaksin booster," jelasnya.

( Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved