Breaking News:

Berita Siak

Manggala Agni Daops Siak Cegah Karhutla dan Lakukan Patroli Terpadu

Manggala Agni KLHK Daops Siak melakukan patroli terpadu untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah kerjanya.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Manggala Agni KLHK Daops Siak bersama TNI dan MPA menggelar patroli terpadu cegah Karhutla, Jumat (15/7/2022) di Sungai Apit. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Manggala Agni KLHK Daops Siak melakukan patroli terpadu untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah kerjanya.

Patroli terpadu ini dilaksanakan di desa-desa rawan Karhutla.

“Kami datang ke desa-desa rawan Karhutla dan mengunjungi rumah-rumah warga, memberikan wawasan terkait Karhutla dan dampaknya serta meminta partisipasinya untuk ikut mencegah dan memadamkan api jika terjadi,” kata Kepala Manggala Agni KLHK Daops Siak Ihsan Abdillah, Jumat (15/7/2022).

Ia menjelaskan, pihaknya turun ke desa-desa menggunakan armada kendaraan roda dua dan empat.

Patroli terpadu itu dirancang sebagai perwujudan sinergi para pihak di tingkat tapak dengan melibatkan Babinsa TNI, Babinkamtibmas Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

“Kami semua terlibat untuk bahu membahu dalam mencegah terjadinya Karhutla pada musim kemarau ini,” kata dia.

Ia menguraikan, setiap hari pihaknya meninjau lapangan di wilayah rawan dan melakukan sosialisasi agar masyarakat semakin peduli dan berpartisipasi dalam pencegahan karhutla.

“Bahkan kami serentak di 34 posko untuk 5 provinsi di wilayah Sumatera atas dukungan dari Direktorat Pengendalian Pengendalian kebakaran hutan dan lahan Kementerian LHK,” ujar Ihsan.

Patroli terpadu diwilayah kerja Manggala Agni Daops Sumatera VI Siak dilaksanakan di 4 posko. Posko yang didatangi adalah posko di desa Teluk Mesjid kecamatan Sungai Apit, Desa Rantau Panjang di kecamatan Siak, Desa Tamusai kecamatan Bungaraya dan Desa Tanjung Leban di kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis.

“Pelaksanaan patroli terpadu untuk periode ini selama satu bulan, mulai 13 Juli sampai 11 Agustus 2022,” kata dia.

Tim Manggala Agni juga melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah. Masyarakat di sekitar lokasi rawan Karhutla juga mendapatkan sosialisasi dari pihaknya.

“Kami juga memberikan poster -poster cegah Karhutla serta memberikan madu hasil budidaya Manggala Agni kepada masyarakat yang dikunjungi,”
kata dia.

(Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved