Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Banyak Dikeluhkan Warga, DPRD Pekanbaru Minta Dishub Maksimalkan Pasang PJU

Hingga kini beberapa daerah di Kota Pekanbaru, masih banyak yang belum dipasang PJU. Ini kata DPRD Pekanbaru.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/ Syafruddin Mirohi
Hingga kini beberapa daerah di Kota Pekanbaru, masih banyak yang belum dipasang PJU. Ini kata DPRD Pekanbaru. FOTOT ILUSTRASI 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hingga kini beberapa daerah di Kota Pekanbaru, masih banyak yang belum dipasang Penerangan Jalan Umum (PJU) atau lampu jalan. Kondisi ini lah yang terus dikeluhkan warga.

Wakil rakyat di Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru menyebutkan, tidak hanya warga di pinggiran, tapi juga warga di pusat perkotaan Pekanbaru, menginginkan agar lampu jalan segera dipasang.

"Selain jalan rusak, masalah lampu jalan juga belum selesai. Kita bisa lihat lah kondisi rilnya, pantas warga mengeluhkan ini ke kita hampir setiap hari," tegas Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Robin Eduar SE MH, kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (17/7/2022).

Politisi PDI-P ini menjelaskan, beberapa di antara lampu jalan banyak belum dipasang. Sebagai contoh di Jalan karya Indah, Karya Maju, Jalan Pemuda Payung Sekaki, Jalan Riau Ujung, sebagian Jalan Arifin serta di beberapa ruas, di jalan lingkungan yang merupakan tanggung jawab Dishub Pekanbaru.

Belakangan ini masyarakat mengeluhkan banyak lampu jalan yang mati. Padahal, PJU tersebut hak yang harus diterima masyarakat, karena setiap beli token atau KWH listrik, masyarakat dibebankan pembayarannya, dengan pemungutan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dari masyarakat, yang menjadi pelanggan PLN, serta PPJ tersebut disetorkan setiap bulan ke kas Pemda sesuai jadwalnya.

Besaran nilai PPJ yang dibayar pelanggan PLN sesuai Perda Kota Pekanbaru No 3 tahun 2011, tentang Pajak Penerangan Jalan (PPJ), yang sudah direvisi DPRD Pekanbaru sebesar 2-4 persen.

"Jadi kami minta, Dishub jangan banyak lips servis lah. Jangan banyak konsep ini itu. Cek ke lapangan kondisi rilnya. Kasihan masyarakat yang sudah membayarnya, tapi kewajiban tak terpenuhi," tegas Anggota Banggar DPRD ini lagi.

Seperti diketahui, dari data yang diperoleh dari Dishub Pekanbaru, jumlah trafo PJU di Kota Pekanbaru saat ini mencapai 1.300 titik. Sebanyak 40 persen di antaranya belum dimeterisasi.

"Makanya, kita desak segera pasang PJU di seluruh Kota Pekanbaru. Karena di beberapa ruas jalan yang memang tanpa PJU, sangat rawan aksi kriminalitas. Seperti Jalan Karya Indah, Jalan Riau Ujung, sebagian Jalan Arifin Ahmad serta lainnya," pinta Robin.

Komisi IV DPRD Pekanbaru pada rapat lanjutan dengan Dishub Pekanbaru dalam waktu dekat ini, terutama pembahasan serapan anggaran dan R-APBD Perubahan 2022, akan mempertanyakan hal ini.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved