Breaking News:

Berita Riau

Berangkat Menuju Madinah, Jamaah Haji Riau Kloter 6 BTH Tuntaskan Kegiatan di Armuzna

Jamaah haji asal Riau yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 6 BTH sudah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan haji di Armuzna

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Jamaah haji asal Riau yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 6 BTH sudah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan haji di Armuzna 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jemaah haji asal Riau yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 6 BTH sudah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan haji di Armuzna. Saat ini mereka sedang diberangkatkan ke kota Madinah.

Sebelum berangkat ke Madinah, para jemaah haji Riau memanfaatkan sisa waktu di Mekkah untuk melaksanakan tawaf ifadhah, sa'i serta melakukan umrah badal.

Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 16 Juli tersebut diperuntukkan bagi jamaah yang dinyatakan sehat dan layak oleh tim medis kloter.

"Jamaah haji melaksanakan tawwaf ifadhoh dan sa'i bagi baru suci dari haid serta melaksanakan umroh badal. Jamaah yang mengikuti kegiatan ini adalah jamaah yang telah dinyatakan sehat dan layak oleh dokter," kata ketua kloter 6 BTH, Fahmi Wahyudi, Senin (18/7/2022).

Sebelum berangkat ke Madinah, jamaah kloter 6 BTH menerima edukasi haji sehat untuk persiapan menuju Madinah dan Arba'in yang dilakukan oleh PPIH Kesehatan dan TKHI kloter serta bimbingan dari sektor 2 syisyah.

"Para jemaah diberikan edukasi kepada jamaah terkait persiapan melaksanakan rangkaian ibadah di kota Madinah," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut disampaikan beberapa hal diantaranya keselamatan jamaah selama berada di Mekkah dan Madinah serta barang bawaan atau isi koper jamaah haji yang dilarang dibawa saat kembali ke tanah air.

Sementara untuk jemaah haji asal Provinsi Riau yang masuk dalam gelombang pertama saat ini tengah melaksanakan salat di Masjidil Haram, badal umroh dan membeli oleh-oleh, serta ziarah ke tempat-tempat sejarah Rasulullah.

Beberapa jamaah ada yang memilih bersantai di hotel sampai tiba waktu untuk diberangkat untuk kembali ke tanah air yang direncanakan menuju Jeddah pada tanggal 28 Juli 2022.

"Jamaah haji Riau yang masuk gelombang pertama ini adalah jemaah haji kloter 1 Riau atau 4 Batam (BTH). Berjumlah 450 orag dan 1 orang petugas yang bergabung bersama 450 orang jamaah asal Provinsi Kepri dan Kalbar," kata Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Riau, Dr Mahyudin, MA, Minggu (17/7/2022) kemarin.

Mereka telah menyelesaikan semua rangkaian puncak haji, Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Jamaah yang tergabung didalam gelombang pertama saat ini tengah mempersiapkan diri untuk kembali ke tanah air.

Sambil menunggu jadwal kepulangan, para jemaah haji Riau mengisi waktu dengan mengerjakan ibadah sunnah lainnya di Kota Mekkah.

"Sesuai jadwal mereka akan kembali ke tanah air tanggal 29 Juli mendatang," katanya.

Sedangkan untuk jamaah yang tergabung kedalam gelombang kedua saat ini tengah bersiap-siap meninggalkan Kota Mekkah menuju madinah untuk melaksanakan ibadah arbain.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgio )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved